Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencatat 163 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemerintah setempat memasuki masa pensiun.

"Kami mencatat sebanyak 163 ASN pada tahun 2022 purna tugas atau memasuki masa pensiun," kata Kepala BKPSDM Belitung, KA Azhami di Tanjung Pandan, Rabu.

Menurut dia, jumlah tersebut terdiri dari tenaga guru sebanyak 82 orang, tenaga teknis 67 orang, dan tenaga kesehatan 14 orang.

"Memang yang paling banyak memasuki masa pensiun adalah tenaga guru," ujarnya.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Belitung memprioritaskan penerimaan formasi tenaga guru dalam penerimaan pegawai pemerintah di daerah itu.

"Usulan kami pada penerimaan Pegawai Pemerintah Perjanjian Kerja (PPPK) tenaga guru selalu banyak," katanya.

Ia menjelaskan pada penerimaan pegawai pemerintah tahun 2023 Kabupaten Belitung mendapatkan kuota penerimaan guru sebanyak 534 formasi dan tenaga kesehatan 254 formasi.

"Nanti kami akan bahas dulu bersama tim untuk menyesuaikan terlebih dahulu dengan kemampuan keuangan daerah," ujarnya.

Azhami menjelaskan sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi para ASN yang memasuki masa purna bakti, pihaknya mengundang kehadiran Bupati Belitung, Sahani Saleh dalam acara pelepasan tersebut.

"Kehadiran Bupati Belitung sebagai sebuah dukungan psikologis dan spirit moral terhadap para ASN yang memasuki masa pensiun," katanya.

Selain itu, lanjut dia, kegiatan pelepasan juga dihadiri langsung oleh Ketua Dewan Pengurus Korpri Kabupaten Belitung, MZ Hendra Caya.

"Tadi kerja DP Korpri Belitung juga memberikan taliasih memang tidak begitu banyak namun memiliki makna yang berarti di tengah bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri nanti," ujarnya.

Dirinya mengucapkan terimakasih atas dedikasi para ASN di daerah itu yang memasuki masa purnabakti. 

"Terimakasih atas pengabdian dan dedikasi selama ini, kami mohon maaf acara pelepasan dilaksanakan di bulan puasa semoga ada hikmah dan keberkahan," katanya.

Pewarta: Kasmono/Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023