Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meminta pemudik Lebaran 2023 melakukan vaksinasi penguat guna meningkatkan ketahanan tubuh dari penularan virus corona itu.

"Bagi pemudik yang belum vaksin (vaksinasi, red.) 'booster' (penguat) untuk segera mendatangi posko pelayanan vaksinasi, agar tidak terjadi lonjakan kasus setelah Lebaran nanti," kata Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Babel Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengatakan vaksinasi penguat dan disiplin menjalankan protokol kesehatan COVID-19 saat perjalanan mudik Lebaran sebagai penting agar tidak terjadi lonjakan kasus penularan dan penyebaran virus corona ini setelah Lebaran 2023.

"Ini harus kita waspadai bersama, karena virus dan kasus orang terpapar COVID-19 ini masih ada," katanya.

Ia menyatakan saat ini kasus orang terpapar virus corona bertambah dua orang, masing-masing satu orang di Kabupaten Bangka dan Bangka Tengah, sehingga total pasien terpapar virus corona ini menjadi 11 orang.

Sebanyak 11 pasien COVID-19 yang masih menjalani isolasi ini, tersebar di Bangka tujuh orang, Bangka Barat dua orang, Bangka Tengah dan Bangka Selatan, masing-masing satu orang.

"Hari ini pasien sembuh bertambah satu dan pasien meninggal akibat COVID-19 ini nihil," katanya.

Kasi Pelayanan Kesehatan Primer Dinkes Provinsi Kepulauan Babel M. Zaenuri mengatakan Dinkes Babel menyiapkan pelayanan vaksinasi penguat COVID-19 di sejumlah posko mudik Lebaran 2023.

"Kami berharap dengan adanya layanan vaksinasi ini dapat mencegah lonjakan kasus COVID-19 pasca-Lebaran/Idul Fitri tahun ini," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023