Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membentuk Posko Angkutan Laut Lebaran 2023 guna mendukung kelancaran arus mudik di daerah itu.

"Kami telah membentuk Pos Koordinasi Angkutan Lebaran 2023 di lingkungan terminal Pelabuhan Tanjung Pandan," kata petugas Lalu Lintas Angkutan Laut KSOP Kelas IV Tanjung Pandan Hengki di Tanjung Pandan, Jumat.

Pihaknya juga telah membentuk tim yang melibatkan instansi terkait di Pelabuhan Tanjung Pandan demi kelancaran arus mudik Lebaran 2023.

"Kami juga sudah membentuk tim yang terdiri dari beberapa pemangku kepentingan terkait di pelabuhan untuk mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2023," ujarnya.

Ia menjelaskan empat kapal akan melayani pemudik di Pelabuhan Tanjung Pandan, baik tujuan Pelabuhan Pangkal Balam maupun Tanjung Priok Jakarta.

Keempat kapal tersebut adalah KM Sawita, KM Salvia, KM Srikandi Line, dan Express Bahari 3 E.

"Kalau Express Bahari 3 E mulai H-7 (Lebaran, red.) berlayar setiap hari dan untuk kapal roro tujuan Jakarta atau Pangkal Balam memang mereka menyesuaikan dengan kondisi muatan," katanya.

Hengki memperkirakan puncak arus mudik di Pelabuhan Tanjung Pandan pada H-3 Lebaran mendatang.

"Namun pada H-7 atau terhitung mulai hari ini (14/4) arus mudik di Pelabuhan Tanjung Pandan sudah terlihat tadi Express Bahari tujuan Pangkal Balam memberangkatkan sebanyak 211 penumpang," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023