Kepolisian Resor Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, mendirikan lima titik pos pengamanan dan pos pelayanan untuk menjamin kenyamanan serta  keamanan para pemudik Lebaran 2023.

"lima pos pengamanan dan pelayanan tersebut dipusatkan di Pantai Matras, Simpang Jurung, Lintas Barat Puding Besar, dan Pantai Tikus Emas. Kemudian, dua pos terpadu dan satu pos pelayanan," kata Kapolres Bangka AKBP Taufik Noor Isya di Sungailiat, Senin, usai Gelar Pasukan "Operasi Ketupat Menumbing 2023".

Pos pengamanan dan pos pelayanan sejak Minggu (16/4) sudah didirikan yang dijaga petugas kesehatan dan petugas dari dinas terkait.

Petugas yang berjaga di masing-masing pos, kata dia, diharapkan dapat menjalankan tugas dengan baik, mulai pembukaan kegiatan sampai akhir pelaksanaan jadwal pengamanan.

Guna menjamin keamanan pelaksanaan perayaan Idul Fitri 1444 Hijriah, termasuk kelancaran arus mudik dan balik di Kabupaten Bangka, katanya, telah disiagakan ratusan personel gabungan dari berbagai unsur.

"Personel gabungan yang disiagakan terdiri atas TNI, Polri, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Dinas Kesehatan, BPBD Bangka, Senkom, Tagana, dan Pramuka," kata Kapolres.

Ia mengatakan teknis pengamanan tahun 2023 masih mengacu pada pengamanan tahun sebelumnya yang tetap memfokuskan sejumlah titik vital, seperti Pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu, pusat keramaian, dan objek wisata, termasuk untuk masalah kedatangan pemudik dari Bandara Depati Amir Pangkalpinang dan jalur penyeberangan Pelabuhan Tanjung Kalian Mentok, Bangka Barat.

"Kalau di Kabupaten Bangka dikonsentrasikan pada arus kedatangan para pemudik luar Jawa asli Bangka bisa jadi dari Pelabuhan Tanjung Gudang. Untuk yang dari bandara akan langsung dialihkan ke jalan darat," ujar dia.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023