Perum Bulog Kantor Cabang Pembantu (KCP) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka, memastikan stok beras sebanyak 141,9 ton cukup guna memenuhi kebutuhan masyarakat menghadapi Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Kami pastikan stok beras tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam merayakan Idul Fitri 1444 Hijriah," kata Kepala Perum Bulog KCP Belitung, Romi Victa Rose di Tanjung Pandan, Selasa.

Menurut dia, selain itu, bahan kebutuhan pokok lainnya yang tersedia di Perum Bulog Belitung juga dinilai cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam menghadapi Idul Fitri 1444 Hijriah.

Ia menyebutkan, stok bahan kebutuhan pokok Perum Bulog Belitung saat ini terdiri dari beras 141 ton, gula pasir 1.016 kilogram, tepung terigu 1.042 kilogram dan minyak goreng 19.000 liter.

"Sebelumnya kami telah memperkuat stok bahan kebutuhan pokok untuk memenuhi kebutuhan masyarakat baik selama bulan suci Ramadhan 1444 Hijiriah hingga persiapan menyambut Idul Fitri 1444 Hijriah," ujarnya.

Dikatakan Romi, selain itu, guna membantu memenuhi kebutuhan masyarakat selama bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah pihaknya ikut berpartisipasi dalam kegiatan pasar murah di daerah itu.

"Melalui partisipasi kami di kegiatan pasar murah kami harapkan masyarakat dapat mendapatkan bahan kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau," katanya.

Ia menjelaskan, saat ini jumlah permintaan beras menjelang Idul Fitri 1444 Hijriah di daerah itu masih terpantau normal.

"Penyaluran juga terpantau normal tidak ada permintaan yang siginifikan hampir sama dengan penyaluran di hari-hari biasa," ujarnya.

Dikatakan Romi, sedangkan untuk daging beku kerbau impor saat ini dalam keadaan kosong.

"Kami sebelumnya telah berupaya untuk mendatangkan daging beku akan tetapi memang permintaan tersebut belum dapat terpenuhi karena sampai saat ini belum ada pengiriman dari kantor pusat," katanya.

Ia mengimbau, masyarakat tidak khawatir akan terjadinya kelangkaan bahan pokok di daerah itu guna merayakan Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Kami pasti stok bahan kebutuhan pokok terutama beras yang merupakan penugasan dari pemerintah kepada Bulog saat ini dalam keadaan cukup," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023