Pelabuhan Pangkalbalam Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mulai besok atau H-1 Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah akan menghentikan sementara operasional angkutan baik untuk penumpang maupun barang.

Petugas Lalu lintas Angkutan Laut KSOP Pangkalbalam, Dhanurpandu, Kamis (20/4), mengatakan dihentikannya sementara operasional angkutan di Pelabuhan Pangkalbalam dikarenakan sudah sedikitnya penumpang maupun angkutan barang yang naik maupun turun melalui pelabuhan tersebut. 

"Operasional pelabuhan dilaksanakan berdasarkan jumlah penumpang termasuk angkutan barang. Operasional akan mulai berjalan lagi pada H+1 Lebaran Idul Fitri atau tanggal 24 April 2023," katanya.

Ia mengatakan, operasional penumpang maupun juga barang hari ini merupakan terakhir pelayanannya, karena dilihat dari kondisi penumpang maupun angkutan barang sudah cukup sepi.

"Untuk arus mudik hingga hari ini semua bisa berjalan dengan lancar, tidak ada antrian, semuanya aman dan nyaman. Semoga untuk arus balik nanti juga bisa berjalan aman dan lancar seperti arus mudik," katanya.

Untuk total jumlah penumpang yang naik maupun turun melalui Pelabuhan Pangkalbalam hingga H-3 atau 19 April 2023 yaitu sebanyak 7.122 orang dengan rincian penumpang yang naik sebanyak 4.638 orang dan penumpang yang turun 2.484 orang. 

Jika dibandingkan dengan tahun 2022, penumpang naik mengalami trend kenaikan sebanyak 15 persen dan penumpang turun mengalami trend penurunan sebanyak 28 persen. Jika ditotal secara keseluruhan maka terjadi penurunan sebanyak 3 persen.

"Untuk penumpang pada arus mudik terbanyak tercatat pada hari H-3 tanggal 16 April 2023, yaitu sebanyak 1.118 orang dengan rincian 729 penumpang yang naik dan 389 penumpang yang turun," katanya.

Pewarta: Try M Hardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023