Camat Pemali, Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sukma Aditya berpendapat HUT Kota Sungailiat ke-257 yang jatuh pada Kamis (27/4), menjadi momentum inspirasi pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Saya mengucapkan selamat HUT Kota Sungailiat ke 527, yang merupakan kota induk dari wilayah administrasi Kabupaten Bangka," kata Sukma Aditya dalam keterangan, Kamis. 

Setelah dirinya dipercaya sebagai pemangku otoritas wilayah Kecamatan Pemali yang terletak pada posisi geografis berbatasan langsung dengan Kecamatan Sungailiat, berupaya mensejajarkan wilayahnya dengan Kota Sungailiat dengan berbagai program konstruktif berbasis kolaborasi dan sinergitas serta pengembangan berinovasi.

"Karena diketahui untuk membangun dengan konsep objektivitas kesejahteraan masyarakat diperlukan penguatan sinergi yang terpadu dan berkelanjutan dengan semua pihak termasuk melibatkan masyarakat, organisasi masyarakat, pemuda, tokoh masyarakat, tokoh agama dan swasta," kata dia.

Wilayah Kecamatan Pemali dengan luas wilayah 127,87 km2 dengan jumlah penduduk mencapai lebih dari 28 ribu jiwa tersebar di enam desa, berada tepat diposisi strategis yang menghubungkan dengan wilayah kecamatan lain bahkan dibelah dengan ruas jalan nasional menghubungkan Kota Mentok Bangka Barat.

Pengembangan dan pemberdayaan sektor usaha pada skala mikro dan menengah yang dikembangkan masyarakat menjadi perhatian serius pihaknya seperti membantu memperluas akses market produk UMKM.

Sektor sumber daya alam, pertanian, perkebunan serta peternakan dan pertanian kemudian didukung oleh sektor yang lain juga memberikan kontribusi ekonomi masyarakat.

Pertumbuhan ekonomi masyarakat Kecamatan Pemali relatif berkembang cukup baik dibuktikan dengan sarana transaksi pasar tradisional higienis yang menyediakan kebutuhan masyarakat, layanan usaha ritel oleh pengembang dan sektor usaha umum lain yang terus berkembang.




 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023