Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan kasus penularan virus corona pada Kamis bertambah enam orang sehingga total pasien COVID-19 aktif menjadi 26 orang.

"Hari ini penambahan enam kasus COVID-19 terdapat di Pangkalpinang tiga, Bangka Tengah, Bangka Selatan dan Bangka Barat, masing-masing satu kasus," kata Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Babel Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan dengan penambahan enam kasus orang terpapar virus corona ini, maka pasien COVID-19 aktif menjadi 26 orang. Mereka tersebar di Bangka Tengah delapan orang, Bangka (4), Bangka Barat (4), Belitung (4), Pangkalpinang (4), Bangka Selatan dan Belitung Timur, masing-masing satu pasien.

"Hari ini pasien sembuh dari COVID-19 juga bertambah tiga dan pasien meninggal nihil," ujarnya.

Ia mengimbau pemudik yang belum vaksinasi penguat untuk segera mendatangi posko pelayanan vaksinasi agar tidak terjadi lonjakan kasus COVID-19.

Selain vaksinasi penguat, katanya, pemudik yang melakukan arus balik Lebaran juga disiplin menjalankan protokol kesehatan COVID-19, agar tidak terjadi lonjakan kasus penularan dan penyebaran virus corona ini setelah Lebaran 2023.

"Ini harus kita waspadai bersama, karena virus dan kasus orang terpapar COVID-19 ini masih ada," katanya.

Kasi Pelayanan Kesehatan Primer Dinkes Provinsi Kepulauan Babel M. Zaenuri mengatakan Dinkes Babel masih menyiagakan pelayanan vaksinasi penguat COVID-19 di sejumlah posko mudik Lebaran 2023.

"Kami berharap dengan adanya layanan vaksinasi ini dapat mencegah lonjakan kasus COVID-19 pascalebaran tahun ini," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023