Basarnas Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memfokuskan pengamanan wilayah laut pada event Sungailiat Triathlon 2023 untuk memastikan keamanan dan keselamatan peserta event sport tourism itu. 

"Kita di Basarnas berbagi tugas untuk melakukan pengamanan, pertama dengan rekan-rekan kepolisian, Basarnas memfokuskan pengamanan di laut," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang I Made Oka Astawa di Sungailiat, Sabtu. 

Ia mengatakan pengaman di laut difokuskan karena pada event Sungailiat Triathlon 2023 renang terdiri dari tiga kategori yakni sprint, standar dan long dengan jumlah 230 peserta. 

"Oleh karena itu kita mengerahkan alut dan personel untuk memastikan pengamanan, kita turunkan 20 personel, terus alat pengamanannya ada 5 rigid inflatable boat, rubber boat 3 unit kita kerahkan, dan 1 jet ski," katanya. 

Ia menyampaikan Basarnas juga bergabungan dengan unsur terkait seperti polair, polres maupun direktorat polda untuk memastikan kelancaran acara itu. 

Baca juga: Sungailiat Triathlon masuk Sportive 2023

Baca juga: Menparekraf Sandiaga peserta Triathlon memotivasi bangkitkan pariwisata

Ia menambahkan untuk para peserta jika sudah merasa kelelahan letih dan kecapekan, Basarnas siap untuk mengevakuasi. 

"Ditiga kategori tersebut kita siap untuk evakuasi, sehingga kita ketat untuk mengamankan kegiatan untuk renang," katanya.

Menurut dia untuk pengamanan peserta di darat akan diserahkan pada teman-teman tim medis dan rekan-rekan kepolisian dan polda maupun polres. 

Ia mengharapkan mudah-mudahan kegiatan Sungailiat Triathlon 2023 khususnya olahraga renang bisa berjalan aman dan lancar. 

"Kondisi ombak masih aman sedang, kalau kemarin landai, ini udah mulai riak ombaknya, jadi aman," katanya.

Baca juga: Sungailiat Kembali Gelar Sport Tourism Triathlon

Baca juga: Sungailiat Triathlon 2023

Pewarta: Chandrika Purnama Dewi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023