Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung(Babel) akan mempromosikan tenun cual dan kerajinan UMKM di Lombok International Modest Fashion Festival (Limoff), guna memperluas pemasaran kerajinan khas masyarakat daerah itu.

"Ini kesempatan kita untuk mempromosikan kain tradisional ke dunia internasional," kata Ketua Dekranasda Provinsi Kepulauan Babel, Maya Suganda Pasaribu di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan kegiatan Road to Lombok International Modest Fashion Festival akan diselenggarakan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 6-9 Juli 2023, guna mendorong sektor pariwisata dan perekonomian masyarakat khususnya pelaku UMKM.

"Produk tenun cual kita bagus, dan saya rasa kita ikut berpartisipasi untuk mempromosikan kerajinan tenun khas masyarakat Bangka Belitung ini," ujarnya.

Menurut dia, saat ini banyak pelaku usaha di Babel serius mengembangkan kerajinan cual ini seperti Ishadi, Sepiak, Destiani, Kampung Katak, dan rata-rata mereka sudah merambah ke dunia fesyen.

"Kami bersama BUMN, perbankan dan pemangku kepentingan  akan terus bahu-membahu membantu pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya," katanya.

Ia menyatakan Dekranasda adalah wadah pembinaan pelaku usaha UMKM, khususnya di sektor kerajinan. Oleh karena itu, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Ketua Dekranasda Provinsi NTB Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah untuk ikut berpartisipasi mengikuti kegiatan internasional ini.

"Kami menyakini kerajinan tenun cual ini tidak kalah bagusnya dengan kerajinan tenun daerah lainnya," katanya. 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Babel promosikan tenun cual di Limoff Event

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023