Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membangun panggung hiburan rakyat di kawasan ruang terbuka di pusat Kota Sungailiat guna mendorong pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

"Panggung hiburan dibangun bersumber dari dana sosial perusahaan Alfamart," kata Bupati Bangka Mulkan di Sungailiat, Minggu.

Mulkan berharap panggung hiburan disediakan sebagai ruang berkreasi bagi masyarakat sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi melalui pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Dia mengatakan, ketika panggung hiburan dimanfaatkan dapat menarik pengunjung, sehingga berdampak positif terhadap daya jual produk UMKM.

Baca juga: Bangka Tengah dorong produk UMKM tembus pasar ekspor

Menurutnya, pihaknya melakukan berbagai pembenahan dan pembangunan fasilitas umum seperti area di kawasan Hutan Kota Sungailiat dan Gedung Juang.

"Di area yang tersedia itu, masyarakat dapat berolahraga atau jogging serta berlatih seni dan budaya karena telah disediakan panggung," kata Mulkan.

Pemerintah daerah memberikan dukungan penuh terhadap pengembangan sektor usaha mikro dan menengah yang dikelola masyarakat agar mampu tumbuh dan berkembang dengan baik.

Dengan tersedianya panggung hiburan, kreativitas seni dan budaya masyarakat dapat tumbuh begitu pula pelaku UMKM di sekitar itu juga bisa meningkat.

"Saya ingatkan, fasilitas umum yang tersedia hendaknya dijaga jangan sampai ada yang merusak fasilitas yang tersedia karena dapat merugikan kepentingan orang banyak," katanya.

Baca juga: Dekranasda Belitung Timur dorong produk UMKM masuk e-katalog

Baca juga: BI Babel dan MUI dorong pelaku UMKM urus sertifikasi halal

Pewarta: Kasmono

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023