Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengoptimalkan pelayanan kesehatan gratis di setiap pusat kesehatan masyarakat (puskesmas).

"Pelayanan kesehatan gratis di seluruh puskesmas terus kita optimalkan, melalui program jaminan kesehatan masyarakat (JKM)," kata Kepala Dinas Kesehatan Bangka Tengah dr Anas Maaruf di Koba, Senin.

Anas menjelaskan, warga yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan gratis di puskesmas cukup menujukkan kartu tanda penduduk (KTP) asli warga Bangka Tengah.

"Pelayanan kesehatan gratis di puskesmas ini merupakan pelayanan tingkat pertama untuk meningkatkan derajat hidup masyarakat," ujarnya.

Anas menjelaskan, pelayanan kesehatan gratis di tingkat puskesmas diprioritaskan kepada warga yang belum menjadi peserta BPJS Kesehatan.

"Sampai sekarang masih ada sekitar 20 persen warga yang belum menjadi peserta BPJS Kesehatan, itu kita akomodir dalam program JKM," ujarnya.

Menurut Anas, keinginan warga untuk memanfaatkan program JKM cukup tinggi dan setiap hari puskesmas selalu ramai pasien.

"Fasilitas kesehatan di puskesmas terus kita tingkatkan, demikian juga dengan tenaga medis sebagai bentuk pelayanan kesehatan prima," ujarnya.

Pihaknya berupaya memberikan pelayanan kesehatan prima dan merata hingga ke pelosok desa.

"Program jaminan kesehatan masyarakat Bangka Tengah, bagian dari upaya untuk memberikan pelayanan kesehatan yang merata hingga ke tingkat kecamatan dan desa," katanya.
 

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023