Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meminta para petugas penyuluh pertanian yang tersebar di seluruh kecamatan mampu menjadi motivator bagi para petani sehingga semakin produktif dan sejahtera.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Babel Edi Romdhoni di Pangkalpinang, Kamis, mengatakan penyuluh pertanian harus menjadi motivator bagi petani karena peran penyuluh penting untuk membangkitkan semangat dan menggerakkan petani di lapangan dalam rangka memastikan produksi komoditas pertanian semakin meningkat.

"Penyuluh itu inspirator, motivator bagi petani. Apalagi saat ini kita terkenal ada istilah petani milenial," kata Edi.

Menurut dia, penyuluh perlu terus meningkatkan kompetensi agar mampu mengatasi berbagai permasalahan sehari-hari yang dihadapi para petani di wilayah kerja masing-masing.

"Peningkatan kemampuan diri mutlak diperlukan agar kesulitan yang dialami petani di lapangan dapat lebih mudah dicarikan solusi. Penyuluh jangan kalah dengan petani dalam hal ilmu pengetahuan dan teknologi," ujarnya.

Ia menambahkan pemerintah daerah terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia pertanian millenial di Babel melalui program pembelajaran.

Dalam upaya meningkatkan kualitas petani, salah satunya dengan memberikan beasiswa bagi anak petani untuk kuliah di perguruan tinggi di Pulau Jawa.

"Mungkin ke depan bisa juga dalam rangka meningkatkan kompetensi penyuluh, kita kirimkan penyuluh untuk kuliah lebih tinggi lagi," katanya.

Menurut dia, penyuluh pertanian merupakan urat nadi bagi pembangunan pertanian yang dalam pelaksanaan kegiatannya membutuhkan perencanaan serta penentuan pencapaian target sasaran yang jelas dan terukur.

Perencanaan tersebut perlu dituangkan dalam rencana program yang menjadi langkah awal dalam menentukan keberhasilan pelaksanaan penyuluhan untuk kurun waktu tertentu.

"Penyusunan program atau rencana kerja ini penting agar kinerja semakin terukur dan petani juga terbantu dalam menjalankan usaha yang digeluti," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta/Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023