Kompetisi Musabaqoh Tilawatil Qur’an dan Hadits (MTQH) Tahun 2023 diikuti 333 kafilah dari delapan Kecamatan di Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Ketua panitia pelaksana Muhammad Jumani di Sungailiat, Senin, mengatakan, MTQH yang diselenggarakan di Bahrul Ulum Islamic Center Sungailiat memperlombakan cabang Tilawatil Qur’an, terdiri dari Hafizd putra dan putri, anak-anak putra dan putri, remaja putra dan putri serta dewasa putra dan putri.

"Tirakat Al Qur’an terdiri dari Mujawad dewasa putra dan putri, Murathal dewasa putra dan putri serta Murathal remaja putra dan putri," katanya.

Baca juga: MTQH Ke-XXXI tingkat Kecamatan Gabek Kota Pangkalpinang resmi ditutup

MTQH 2023 juga melombakan cabang Hifzil Qur’an, Tafsir Qur’an, Syahril Qur’an beregu, Fahmil Qur’an beregu, cabang seni kaligrafi Al-Qur’an serta cabang lainnya.

MTQH 2023 ini diikuti sebanyak 333 peserta dan official sebanyak 32 yang berasal dari delapan kecamatan yakni, Kecamatan Sungailiat, Merawang, Mendo Barat, Pemali, Riau Silip, Belinyu, Bakam, dan Puding Besar.

Sementara wakil Bupati Bangka Syahbudin menyambut baik serta menyampaikan penghargaan kepada penyelenggara yang telah berkomitmen terhadap pembangunan etika moral spiritual sebagai pondasi dalam membangun karakter masyarakat Kabupaten Bangka ini.

Baca juga: Bupati Bangka Selatan apresiasi kegiatan MTQH di kecamatan Payung

"Khususnya generasi muda kita sebagai penerus bangsa pada kesempatan yang baik ini, saya ucapkan selamat datang kepada seluruh kafilah dari berbagai kecamatan yang siap berkompetisi menjadi terbaik," jelasnya.

Syahbudin menambahkan MTQH dan berbagai cabang perlombaan di dalamnya, sepatutnya mampu menggugah dan menjadi daya tarik serta ruang tersendiri sekaligus menjadi penyemangat bagi generasi muda untuk lebih mempelajari Al-Qur’an dan Hadist.

Melalui MTQH diharapkan dapat dijadikan sebagai ruang dan media dakwah serta syiar agama yang efektif yang secara nyata telah terbukti mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan di Kabupaten Bangka.

Baca juga: MTQH XI tingkat Provinsi Kepulauan Babel resmi di launching

Pewarta: Kasmono

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023