Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Suganda Pandapotan Pasaribu mengajak para pengusaha berpartisipasi membangun Babel, khususnya disektor mineral bukan logam dan batuan yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. 

"Pembangunan daerah bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, namun juga membutuhkan peran dari seluruh elemen masyarakat termasuk dunia usaha yang penting bagi percepatan pembangunan,” kata Pj Gubernur Babel Suganda di Tanjungpandan, Selasa. 

Ia mengatakan pemerintah mendukung penuh hadirnya investasi di Babel karena baginya, dengan banyaknya investasi berdatangan juga akan berimbas pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Babel itu sendiri. 

Ia menyampaikan pihak perusahaan untuk tetap melakukan kewajibannya sesuai dengan aturan yang berlaku, serta ikut mengambil peran dalam membangun Babel bersama dengan pemerintah. Salah satunya melalui Corporate Social Resposibility (CSR). 

"Sebagaimana diketahui, pemerintah pusat telah mendelegasikan sebagian kewenangan pemberian izin pertambangan ke daerah (provinsi). Salah satu kewenangan tersebut pada komoditas mineral bukan logam dan batuan," katanya. 

Ia menjelaskan Instruksi itu merupakan tindak lanjut dari Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2022 tentang Pendelegasian Pemberian Perizinan Berusaha di Bidang Pertambangan Mineral dan Batubara, yang ditandatangani 11 April 2022. 

"Terkait inflasi, kita patut bersyukur saat ini inflasi di Babel terendah se-Indonesia, dan kita tidak mau inflasi kita ke depan kembali meninggi, karena akan berpengaruh ke dunia investasi," katanya. 

Sementara itu Pj Gubernur Suganda mengenalkan program Gubernur Langsung Eksekusi Kerja Bersama Membangun Bangka Belitung (Gule Kabung) kepada para pengusaha.

Ia menyatakan pada program tersebut, para pengusaha di sektor mineral bukan logam dan batuan diajak untuk berkontribusi untuk menyalurkan CSR-nya, yang tujuan utamanya berimplikasi untuk kesejahteraan masyarakat Babel secara luas. 

"Nanti silakan berkontribusi, baik itu dalam hal pemberian bantuan dan lain sebagainya. Kami juga akan mempromosikan perusahaan Bapak/Ibu di sana," katanya.

Pewarta: Chandrika Purnama Dewi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023