Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyiapkan kegiatan pasar murah menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah guna membantu masyarakat mendapatkan bahan pangan pokok murah.

"Menghadapi Idul Adha tahun ini kami berencana menggelar operasi pasar murah di tiga kecamatan sebagai salah satu upaya membantu masyarakat mendapatkan berbagai bahan pangan pokok dengan harga terjangkau sekaligus mengendalikan inflasi di daerah itu," kata Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Kabupaten Bangka Barat Aidi di Mentok, Jumat.

Tiga kecamatan yang menjadi sasaran kegiatan operasi pasar kali ini, yaitu Simpangteritip dengan jumlah penerima manfaat 1.480 kepala keluarga, Tempilang 1.290 dan di Kecamatan Kelapa 1.720 kepala keluarga.

Baca juga: Warga Bangka Tengah resah dugaan praktik penipuan berkedok sembako murah

Kepala keluarga yang mendapatkan bantuan tersebut sebelumnya sudah dilakukan pendataan dan verifikasi oleh petugas pemerintah daerah setempat bersama pejabat pemerintah desa setempat untuk memastikan bantuan yang akan diterima benar-benar tepat sasaran.

Masing-masing keluarga sasaran penerima manfaat akan mendapatkan paket bahan pangan pokok berisi gula pasir satu kilogram, minyak goreng satu liter dan beras lima kilogram.

"Jika di pasar, satu paket bantuan itu seharga Rp97.500, namun pada pasar murah kali ini pemerintah memberikan subsidi sebesar Rp50.000 sehingga warga penerima manfaat cukup membayar Rp47.500 per paket," katanya.

Menurut dia, pelaksanaan kegiatan pasar murah seperti ini sudah sering dilaksanakan, terutama menjelang peringatan hari besar keagamaan dan pada waktu terjadi lonjakan harga .

"Pada kegiatan operasi pasar kali ini kita bekerja sama dengan Perum Bulog Cabang Bangka, kami berharap bantuan ini bermanfaat membantu memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan tepat sasaran," katanya.

Baca juga: Kejati Babel gelar sembako murah

Baca juga: Bangka Barat gelar pasar murah di Mentok sasar 1.730 warga

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023