Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Belitung Timur Mathur Noviansyah mengatakan program pembangunan daerah yang bersifat strategis di Belitung Timur pada 2022 berjalan dengan baik.

Mathur Noviansyah dalam keterangan tertulis yang diterima di  Kobar, Jumat, mengatakan program strategis itu tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

"Semuanya udah berjalan baik, meski masih belum mencapai target, namun kemajuan sudah terlihat," ujarnya.

Baca juga: Komunitas Honda Babel ramaikan "Honda Premium Matic Day" di Belitung Timur

Ia mengatakan pencapaian itu bisa dilihat dari keberhasilan menurunkan kasus stunting, angka kemiskinan, angka putus sekolah hingga meningkatkan jumlah pemasangan lampung Penerangan Jalan Umum (PJU).  

"Kasus stunting dari 22,6 persen menjadi 16 persen, angka kemiskinan dari 9,29 persen menjadi 8,47 persen," ujarnya.

Untuk angka putus sekolah kata dia memang ada kenaikan siswa SD, tapi siswa SMP menurun. Begitu juga dengan Pemasangan Lampu Jalan atau PJU di Dinas Perhubungan mengklaim sudah 90 persen dari target pemasangan PJU.

"Meski baru sedikit progres atau kemajuan dari program inovasi daerah seperti Yuk Nyelik Pasien, Yuk Sekula, Yuk Ke Ume dan Beltim Terang Benderang namun semua upaya sudah membuahkan hasil positif," ujarnya.

Baca juga: Belitung Timur menggelar operasi pasar kendalikan inflasi

Ia mengatakan pengukuran keberhasilan target atau kinerja pemerintah itu bukan tahunan, tapi sampai akhir masa RPJMD yakni di 2026 dan masih terlalu dini disimpulkan sekarang.

"Apalagi saat tahun awal pemerintahan Burhanudin-Khairil Anwar,  program-program strategis belum bisa dilaksanakan maksimal lantaran adanya refocussing anggaran untuk penanganan COVID-19," ujarnya.

Ia menjelaskan RPJMD merupakan penjabaran secara konkret dari visi-misi dan program kepala daerah serta seluruh aktivitas pemerintah daerah dalam mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan daerah. 

"Dengan demikian, RPJMD menjadi acuan pemerintah daerah dalam melaksanakan program-program strategis dan pemanfaatan pendanaan, dalam upaya peningkatan pelayanan pemberdayaan masyarakat dan pembangunan di daerah," jelasnya.

Baca juga: Kemenkumham harmonisasikan Raperda Pajak Daerah Belitung Timur

Pewarta: Ahmadi

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023