Polda Bangka Belitung, Bidang Hubungan Masyarakat, Kepolisian Daerah (Polda) Kepulauan Bangka Belitung, kembali harus berbangga dengan salah satu personelnya. Ia adalah Bripda Rio Piranto yang merupakan Personel Sat Brimobda Polda Bangka Belitung.

Ia adalah sosok Polisi Muda yang memiliki segudang Prestasi khususnya dalam bidang bela diri pencak silat.

Baru-baru ini, Bintara Polisi tahun 2020/2021 yang akrab disapa Rio ini kembali menorehkan prestasi. Kali ini, ia berhasil menyabet Juara Ke 1 dalam Kejuaraan Daerah (Kejurda) Bangka Belitung 2023 yang diselenggarakan pada 22 - 25 Juni 2023.

Polisi asal Petaling Kabupaten Bangka ini berhasil mengamankan juara ke-1 usai mengalahkan 4 pesaingnya pada Kejurda Pencak Silat Tanding Putra Kelas D Dewasa.

Saat ditemui, anak pertama dari pasangan Annaharul Husni dan Nirwana ini menceritakan bahwa kecintaannya terhadap dunia pencak silat berawal dari ia duduk di Bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Ia mengungkapkan, dalam menekuni olahraga pencak silat ini, ia turut mendapatkan dukungan dari orang tua.

"Alhamdulillah, ini merupakan buah dari dukungan dan doa orangtua saya. Ditambah lagi, pimpinan kami di Brimob mendukung penuh kami dalam mengejar prestasi khususnya di bidang olahraga," kata Rio, Senin (26/6/23).

Selain menjuarai Kejurda Babel tahun 2023, Rio yang merupakan Personel Pleton 1 kompi 1 batalyon A Pelopor ini juga pernah menjadi Juara kedua pada Kejurda Provinsi Bangka Belitung tahun 2022 yang lalu.

"Sebelum jadi polisi juga, saya pernah Juara 2 kategori tanding kelas E putra pada kejuaraan Atma Luhur Cup tingkat Provinsi tahun 2016 dan juara 3 kategori tanding kelas D putra pada kejuaraan Popda VIII se Kabupaten Bangka Tahun 2016," ungkapnya.

Bripda Rio menuturkan, saat ini ia juga sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti Porprov di Bangka Barat yang akan dilaksanakan pada Bulan Agustus mendatang.

Ia menambahkan bahwa saat ini ia tergabung dalam Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Bangka.

"Kalau sekarang, aktivitas saya sedang pemusatan pelatihan terpusat, masuk ke Tim Pelatda Bangka. Jadi keseharian, latihan silat setiap hari," ungkapnya.

Lebih jauh, Pria lulusan SMA 1 Mendo Barat ini juga mengutarakan suka citanya dalam mengejar prestasinya hingga sekarang ini.

Apalagi, berlatar belakang kedua orangtuanya yang sederhana, ia terus memacu diri untuk bisa menjadi kebanggaan bagi orangtuanya serta Korps Kebanggaan Bhayangkara khususnya Polda Bangka Belitung.

"Prestasi ini saya persembahkan khususnya untuk kedua orangtua saya serta menjadi kebanggaan bagi saya yang merupakan bagian dari Korps Bhayangkara. Semoga ini juga, menjadi inspirasi dan motivasi bagi rekan-rekan Polisi lainnya untuk terus berprestasi baik di bidang olahraga maupun lainnya," ungkap Rio.

Biodata :
Nama                               : Rio Piranto
Tempat dan tanggal lahir : Petaling, 06 Juni 2000
Nama ortu                        : Annaharul Husni (ayah) dan Nirwana (ibu)
Tahun Lulusan Polri         : 2020/2021 (Angkatan 45)
Kesatuan                         : Sat Brimobda Polda Kep. Babel

Prestasi :
- Juara 1 Kejurda Babel Tahun 2023 Kategori Tanding Putra Kelas D Dewasa
- Juara 2 Kejurda Babel Tahun 2022 Kategori Tanding Putra Kelas D Dewasa
- Juara 2  Kejuaraan Atma Luhur Cup Tingkat Provinsi Kep. Babel Tahun 2016 Kategori Tanding Kelas E Putra
- Juara 3 Kejuaraan Pekan Olahraga Daerah (Popda) VIII Se-Kabupaten Bangka Tahun 2016.

Motto : Pantang Tumbang Sebelum Menang, karena ada Orangtua yang harus dibanggakan.

Pewarta: Roy Riadi/Joko Susilo

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023