Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendistribusikan bantuan sapi ke setiap desa, untuk disembelih dalam memenuhi kebutuhan daging masyarakat pada Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriyah.

"Saat ini sudah kita distribusikan sebanyak 50 ekor sapi ke setiap desa, target kami adalah 80 ekor sapi untuk memenuhi kebutuhan daging masyarakat di 65 desa," kata Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman di Koba, Selasa.

Bupati menjelaskan, bantuan sapi saat Hari Raya Idul Adha merupakan program rutin setiap tahun untuk mencukupi kebutuhan daging masyarakat di luar jatah daging kurban yang diperoleh warga.

"Bantuan sapi ini berasal dari berbagai kalangan, terutama pihak swasta seperti PT Timah Tbk melalui program tanggung jawab sosial perusahaan atau  corporate social responsibility (CSR) dan beberapa perusahaan lainnya," ujarnya.

Bahkan, kata dia sebagian aparatur sipil negara (ASN) juga dianjurkan untuk menyumbang sapi untuk masyarakat desa, terutama di daerah berdomisili ASN itu sendiri.

"Saya pribadi bersama keluarga juga ikut menyumbang sapi dan berkurban untuk memenuhi kebutuhan daging masyarakat," ujarnya.

Bupati mengatakan, sapi yang didistribusikan kepada masyarakat sudah melalui proses karantina dan pemeriksaan kesehatan.

"Kondisi sapi dalam keadaan sehat dan aman dikonsumsi masyarakat karena sudah melalui proses karantina dan pemeriksaan kesehatan," katanya.

Pimpinan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Babel Cabang Koba Gusti yang ikut menyumbangkan sapi kurban mendukung program pemerintah terkait pendistribusian sapi pada setiap desa untuk disembelih pada hari raya kurban.

"Kami dari dari lembaga perbankan juga berupaya untuk menyelaraskan program CSR kami agar sejalan dengan program Pemkab Bangka Tengah," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023