Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Suganda Pandapotan Pasaribu melaksanakan peninjauan hewan kurban, dalam rangka persiapan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah.  

"Sapi-sapi kurban ini merupakan sumbangan dari sejumlah pihak yang ingin berkurban serta seluruh perangkat daerah yang ada di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Babel," kata kata Pj Gubernur Suganda di Pangkalpinang, Rabu. 

Ia mengatakan setelah dilakukan penyembelihan, hewan kurban tersebut akan dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Setelah dilakukan pemotongan, daging kurban akan dibagikan ke masyarakat yang berhak dan membutuhkan. Selain itu, akan dibagikan juga ke sejumlah pegawai, di lingkungan Pemprov Kepulauan Babel," katanya. 

Ia menginstruksikan kepada panitia kurban, agar sapi kurban yang datang tersebut, diberi makan dan dibersihkan terlebih dahulu, sebelum dilakukan penyembelihan.

"Minta tolong sapi-sapi ini tetap dirawat diberi makan dan dibersihkan sebelum dilakukan pemotongan besok," katanya. 

Kepala Biro Kesra yang sekaligus Ketua Panitia Kurban, Saimi menjelaskan bahwa Pemprov Kepulauan Babel akan melakukan penyembelihan, sebanyak 24 ekor sapi kurban.

"Hewan kurban ini didapat dari sumbangan Pemprov Kepulauan Babel, perusahaan maupun pihak-pihak yang ingin menyumbang, termasuk seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemprov Kepulauan Babel," katanya. 

Ia mengungkapkan daging kurban akan dibagikan ke masyarakat yang membutuhkan.

Menurut dia selain melibatkan masyarakat, akan dilibatkan juga para Juru Sembelih Halal (Juleha), saat dalam penyembelihan hewan kurban nantinya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Pj Gubernur Suganda dan Ketua Panitia Qurban Saimi menerima Sapi Kurban sumbangan dari PT Mitra Stania Prima.

Manager Government PT Mitra Stania Prima Desi yang hadir menyerahkan langsung sapi kurban ke Pj Gubernur Suganda menyampaikan bahwa sapi kurban dari PT Mitra Stania Prima, merupakan pelaksanaan Program Pemberdayaan dan Pengembangan Masyarakat Tahun 2023.

"Kami setiap tahun membagikan hewan qurban untuk masyarakat. Rutin kami setiap tahun ingin berbagi dengan masyarakat, agar bisa merasakan sama-sama," katanya.

Pewarta: Chandrika Purnama Dewi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023