Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Suganda Pandapotan Pasaribu menyerahkan sapi qurban dari Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo kepada warga Desa Kace, dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah.  

"Segenap warga Desa Kace mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo, dalam hal ini diserahkan oleh Pj Gubernur, terima kasih atas anugerah sekaligus amanah yang telah diberikan kepada warga Desa Kace," Kepala Desa (Kades) Kace Rosmin di Desa Kace, Kamis. 

Ia mengatakan terima kasih kepada Presiden RI melalui Pj Gubernur Suganda, atas kepercayaan yang telah diberikan kepada desanya. 

Ia menyampaikan setelah penyembelihan sapi qurban pemberian Presiden RI tersebut, daging akan dibagikan kepada warga di 23 RT (Rukun Tetangga) Desa Kace, ditambah 10 ekor sapi dan 15 kambing pemberian warga. 

Pj Gubernur Suganda menjelaskan dipilihnya Desa Kace untuk menerima sapi qurban dari Presiden RI merupakan suatu amanah yang patut disyukuri. 

Ia mengharapkan agar tradisi qurban  dapat dijadikan momentum kepedulian antar sesama, meningkatkan rasa saling berbagi, dan memperkuat silaturahmi. 

"Dari seluruh desa dan kelurahan di Babel, Desa Bapak/Ibu yang dipilih untuk tahun ini, ini adalah amanah, sekaligus rahmat dan juga berkah untuk masyarakat Desa Kace, mari kita syukuri serta jadikan tradisi baik ini, di hari yang mulia ini," katanya. 

Menurut dia jadikan momentum Idul Adha untuk saling berbagi, memperkuat silaturahmi dan keakraban. 

"Saya atas nama pribadi, bersama jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Babel mengucapkan selamat hari raya Idul Adha 1444 H," katanya. 

Kepala Balai Pengujian Mutu dan Sertifikasi Pangan Kementerian Pertanian RI Hidayat menambahkan sapi qurban pemberian Presiden Joko Widodo ini telah melalui serangkaian pengujian. 

Ia menegaskan daging sapi yang nantinya akan diserahkan kepada warga telah bebas dari LSD (Lumpy Skin Disease) serta penyakit hewan ternak lainnya. 

"Tentu sudah kita lakukan pengujian, kita pastikan bebas LSD, tidak ada penyakit lainnya, dan sangat layak untuk dikonsumsi," katanya. 

Sementara itu suka cita bukan hanya datang dari panitia qurban, melainkan segenap warga Desa Kace yang berduyun turut menyaksikan penyembelihan. 

Rumini salah satu warga menyampaikan antusiasmenya menyaksikan penyembelihan sapi qurban dari Presiden RI Joko Widodo, yang dianggapnya sebagai suatu momen yang langka. 

"Kami senang, terima kasih sudah memilih desa kace, ini mungkin kita tidak tahu kapan lagi desa kace bisa dapat qurban dari Presiden," katanya.  

Seusai penyembelihan, Pj Gubernur Suganda didampingi Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi Kepulauan Babel, Muhammad Soleh, Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Babel Tumiran Ganefo, serta Kepala Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Babel Edi Romdhoni, disambut warga dengan "makan bedulang", sebuah tradisi yang umum dilakukan seusai melaksanakan salat hari raya.

Pewarta: Chandrika Purnama Dewi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023