Polisi Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meningkatkan pengawasan di sejumlah lokasi rawan guna mencegah kemungkinan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

"Peningkatan pengawasan ini kami lakukan mengingat terjadinya peningkatan arus lalu lintas pada saat libur Lebaran Idul Adha 1444 Hijriah, kami berharap kehadiran polisi di tengah masyarakat bisa memberikan rasa aman dan nyaman kepada para pengguna jalan raya," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bangka Barat AKP M Hardi di Mentok, Selasa.

Ia mengatakan pengawasan yang dilakukan para personel Satlantas Polres Bangka barat dilaksanakan secara rutin siang dan malam hari guna mencegah terjadinya pelanggaran lalu lintas.

Kegiatan yang digelar di sejumlah lokasi rawan lalu lintas ini dilakukan sebagai bagian dari upaya kepolisian untuk menjaga ketertiban dan keamanan di jalan raya.

Kepala Satlantas yang memimpin langsung patroli tersebut menempatkan para personel di sejumlah lokasi rawan pelanggaran lalu lintas, tempat keramaian, sekolah, objek wisata, objek vital dan titik lainnya.

Petugas Satlantas melakukan pemantauan secara intensif terhadap kondisi lalu lintas, melakukan pengaturan lalu lintas untuk memastikan kelancaran arus kendaraan, khususnya pada saat jam sibuk.

"Kehadiran para personel di tengah masyarakat bisa memberikan rasa aman dan nyaman kepada pengguna jalan serta mengurangi pelanggaran yang berpotensi menyebabkan kecelakaan," katanya.

Melalui kegiatan tersebut keamanan dan kelancaran lalu lintas semakin terjaga dan diharapkan masyarakat juga semakin sadar dan peduli dalam mematuhi peraturan lalu lintas guna menghindari pelanggaran yang berpotensi menimbulkan bahaya bagi diri sendiri dan pengguna jalan lainnya.

"Kami berharap melalui patroli rutin ini dapat memberikan efek preventif kepada pengguna jalan agar mematuhi aturan lalu lintas. Kami juga siap memberikan sanksi kepada pelanggar demi menciptakan situasi lalu lintas yang lebih baik," katanya.

Selain patroli, Satlantas Polres Bangka Barat juga telah melaksanakan berbagai kegiatan lainnya, seperti sosialisasi tentang keselamatan berlalu lintas, razia kendaraan, dan penindakan terhadap pelanggaran lalu lintas. Semua kegiatan ini dilakukan dalam rangka menciptakan budaya tertib berlalu lintas di wilayah Bangka Barat.

"Berbagai upaya ini kami harapkan berdampak positif pada peningkatan keselamatan dan kelancaran lalu lintas di wilayah hukum Polres Bangka Barat," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023