Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggandeng para pemuda untuk bersama-sama mempromosikan potensi wisata daerah agar sektor pariwisata semakin berkembang.

"Kami akan terus berupaya meningkatkan promosi wisata agar jumlah kunjungan wisatawan semakin meningkat, hal ini tentunya akan sangat bermanfaat dalam mendorong ekonomi masyarakat," kata Kepala Dinas pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat Muhammad Ali di Mentok, Selasa.

Menurut dia para pemuda memiliki jaringan cukup luas sehingga berpotensi luar biasa untuk membantu upaya bersama dalam sektor promosi wisata.

Selain itu, generasi muda juga memiliki cara pandang berbeda, kreatif dan kekinian sehingga berbagai kegiatan yang dilakukan cocok dengan kebutuhan masyarakat saat ini, khususnya dalam membantu promosi pariwisata.

"Kami berupaya menggandeng generasi muda ini, baik secara individu maupun kelompok atau komunitas agar bisa bersama-sama memajukan kepariwisataan daerah," ujarnya.

Salah satu upaya yang dilakukan Pemkab Bangka Barat untuk meningkatkan peran aktif pemuda dalam promosi wisata yaitu dengan menggelar pemilihan duta wisata.

Duta wisata atau biasa disebut Bujang Dayang Bangka Barat tahun ini berhasil memilih sejumlah pasangan yang nantinya akan diberikan tugas, salah satunya mempromosikan potensi pariwisata daerah.

"Para bujang dan dayang yang terpilih ini akan menjadi mitra pemerintah daerah dalam pengembangan kepariwisataan. Kami berharap mereka terus meningkatkan kemampuan diri agar menjadi generasi inovatif dan kreatif sehingga bisa menjalankan tugas menjadi duta pariwisata dan budaya Bangka Barat," katanya.

Bupati Bangka Barat Sukirman mengajak anak muda untuk terus berkreasi dan menorehkan prestasi untuk Bangka Barat.

"Teruslah menggali potensi yang dimiliki dan menorehkan prestasi di berbagai kancah, baik di tingkat regional, nasional maupun internasional, Pemkab akan selalu mendukung dan memberikan ruang agar generasi muda semakin berkualitas dan membawa nama baik daerah," katanya.

Selain sebagai individu, para pemuda juga didorong untuk membentuk komunitas atau kelompok untuk memudahkan gerak sekaligus membentuk kepribadian yang peka terhadap lingkungan sekitar.

"Pembangunan tidak akan mampu dilakukan secara individu, butuh kebersamaan seluruh elemen masyarakat, kami harapkan generasi muda di daerah ini terus mengembangkan diri dan berperan aktif dalam mendukung upaya pembangunan masyarakat dan daerah," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023