Wakil Bupati Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Isyak Meirobie mendorong jurnalis di daerah itu memiliki kemampuan berwirausaha dengan tidak mengurangi  profesionalitas sebagai pemburu berita.

"Saya mendorong jurnalis untuk bertransformasi memiliki kemampuan dalam berwirausaha," katanya saat membuka Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan X Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Bangka Belitung di Tanjung Pandan, Kamis.

Wabup mengistilahkan kemampuan berwirausaha bagi jurnalis tersebut dengan sebutan "Journalist Preneur".

Dia mengatakan, selain menjalankan tugas jurnalistik, seorang jurnalis juga dapat menjadi seorang entrepreneur (wirausaha).

"Misalnya berjualan kaos dengan tulisan berita viral, Merchandise dengan isi berita yang lagi panas-panasnya dibaca pembaca," ujarnya.

Ia menambahkan jurnalis juga dapat menjadi pelaku ekonomi kreatif maupun UMKM.

"Tentunya dengan berkolaborasi dengan para pelaku usaha," katanya.

Isyak mengapresiasi pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan oleh PWI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung guna meningkatkan kompetensi dan profesionalitas wartawan di daerah itu.

"Saya mengucapkan selamat mengikuti UKW kepada para peserta dan semoga ke depannya dapat menghasilkan karya yang lebih tajam," ujarnya.

Dikatakan dia, jurnalis adalah profesi mesin waktu karena bisa mencatat sejarah, membuat sejarah, dan mengulang sejarah.

"Semuanya bisa mengubah dunia dulu dengan pena sekarang dengan jempol karena kemajuan teknologi saat ini," katanya.

Sekretaris PWI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Fakhruddin Halim mengatakan UKW penting dilakukan guna meningkatkan kompetensi dan profesionalitas jurnalis dalam melaksanakan tugas.

"UKW penting karena untuk kompetensi dan  profesionalitas jurnalis saat bertugas," ujarnya.

Kegiatan UKW PWI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung angkatan X diikuti oleh sebanyak 21 jurnalis dengan masing-masing jenjang.

Pewarta: Kasmono/Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023