Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memfasilitasi pemasaran berbagai produk usaha rumah tangga untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.

"Selain membantu memasarkan berbagai produk usaha rumah tangga, kami juga mendorong diversifikasi atau penganekaragaman produk-produk unggulan lokal," kata Ketua TP-PKK Kabupaten Bangka Barat Rosmala Sukirman di Mentok, Sabtu.

Salah satu fasilitasi pemasaran produk usaha rumah tangga telah dilakukan melalui pameran yang digelar dalam rangkaian peringatan Hari Keluarga Nasional ke-30 di Banyuasin, Sumatera Selatan.

"Ini salah satu strategi kita untuk mengenalkan berbagai produk unggulan lokal hasil karya pelaku usaha rumah tangga agar semakin dikenal dan tentunya diharapkan usaha-usaha ini akan semakin berkembang sehingga memperkokoh kesejahteraan keluarga," katanya.

Selain pemasaran, kata dia, upaya mendorong penganekaragaman produk juga terus dilakukan agar produk yang dihasilkan berdaya saing sehingga berkembang dan akan membuka lini produk baru lebih beragam dan mendapatkan target pasar baru.

TP-PKK Bangka Barat mendukung upaya-upaya pengembangan UMKM dan akan terus mencari karya-karya yang terbaik untuk didorong agar terus maju dan tidak monoton dalam berkreasi.

Menurut Rosmala perkembangan zaman yang terus maju menjadikan setiap usaha tentunya harus mampu beradaptasi agar mampu bertahan serta meningkatkan daya saing di tengah semakin ketatnya persaingan.

TP PKK Bangka Barat akan terus berupaya memfasilitasi dan bekerja sama dengan berbagai pihak agar bisa bersama-sama menambah wawasan dan pengetahuan para pelaku usaha rumah tangga dan UMKM sehingga program diversifikasi produk Bangka Barat mampu terwujudkan.

"Dari berbagai pameran di tingkat regional dan nasional kita bisa melihat dan melakukan studi tiru dari ide dan produk daerah lain, ini penting untuk pengembangan kreasi dan inovasi bagi para pelaku usaha kita," katanya.

Ketua Pokja II TP-PKK Kabupaten Bangka Barat Ida Safrina sejalan dengan program yang dikatakan Rosmala Sukirman untuk mendorong penganekaragaman produk-produk UMKM.

"Kita perlu perbanyak pelatihan agar bisa menghasilkan produk-produk baru berkualitas, TP-PKK akan terus mendorong agar anggotanya mampu meningkatkan pendapatan sehingga keluarga semakin maju dan sejahtera," kata Ida.

Dalam usaha diversifikasi produk, TP-PKK Bangka Barat akan menggandeng beberapa dinas terkait untuk memberikan pengetahuan dan pelatihan kepada kelompok PKK-PKK di Bangka Barat, mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023