Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar pelatihan berbasis penempatan tenaga kerja yang diikuti sebanyak 50 peserta di Kecamatan Sungaiselan.

"Pelatihan berbasis penempatan tenaga kerja ini salah satu upaya kita dalam meningkatkan kompetensi dan keahlian warga di bidang tertentu agar bisa terserap di dunia kerja," kata Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman usai membuka kegiatan tersebut di Sungaiselan, Sabtu.

Pelatihan yang bekerja sama dengan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Bandung Barat itu selalu digelar setiap tahun dan sudah melahirkan banyak tenaga kerja terampil.

"Kita dituntut memiliki keterampilan untuk bisa merebut lapangan pekerjaan atau berdikari dengan membuka lapangan kerja sendiri," kata bupati.

Baca juga: Pemkab Bangka Barat bekali keterampilan pencari kerja agar bisa bersaing

Dengan menggelar pelatihan kata dia kemampuan warga di bidang tertentu semakin terasah dan dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka untuk bersaing di dunia kerja.

"Intinya harus belajar, punya kemampuan, tekun, ulet, rajin dan jujur untuk bisa mendapatkan lapangan pekerjaan," katanya.

Kepala DPMPTK Bangka Tengah Aisyah Sisylia mengatakan bahwa sejak 2022 pihaknya sudah banyak mengantarkan masyarakat mengikuti pelatihan berbasis kompetensi pada banyak BPVP di Indonesia.

Baca juga: Bengkel kerja lapas Tanjungpandan terdaftar jadi lembaga pelatihan kerja

"Ke depan harus berpikir lebih jauh tentang pasca pelatihan, agar lebih bermanfaat bagi masyarakat," ujarnya.

Subkor Penyelenggara BPVP Bandung Barat Asep mengatakan bahwa ini adalah kali pertama BPVP Bandung Barat menyelenggarakan pelatihan di luar Jawa.

"Tentu kami sangat mengapresiasi Pemkab Bangka Tengah atas kerja sama yang terjalin sangat baik," ujarnya.

Baca juga: Bangka Tengah tingkatkan kompetensi tenaga kerja konstruksi

Pewarta: Ahmadi

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023