Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Suganda Pandapotan Pasaribu menjadikan mahasiswa sebagai agen pemerataan pendidikan, guna menyukseskan wajib belajar 12 tahun di negeri penghasil bijih timah terbesar di Indonesia itu.

"Mahasiswa sebagai agen pemerataan pendidikan di sekolah neger dan swasta diharapkan dapat meningkatkan IPM pendidikan masyarakat yang masih rendah," kata Suganda Pandapotan Pasaribu di Pangkalpinang, Senin.

Ia menyakini dengan menjadikan para pelajar dan mahasiswa sebagai agen perubahan ini, program 12 tahun wajib belajar di Kepulauan Bangka Belitung benar-benar dapat diterapkan yang menjadi standar pendidikan di Indonesia.

Selain itu, pelajar dan mahasiswa sebagai duta pendidikan ini juga dapat meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM) pendidikan di Kepulauan Babel yang masih rendah, karena masih adanya anggapan masyarakat, bahwa kualitas pendidikan di sekolah negeri lebih bagus dibandingkan swasta.

"Para mahasiswa harus meluruskan anggapan masyarakat yang salah ini, karena kualitas pendidikan sekolah negeri dengan swasta itu sama-sama bagus," katanya.

Pada kesempatan itu, Pj Gubernur Kepulauan Babel juga mengajak mahasiswa untuk mendukung program Gubernur Langsung Eksekusi Kerja Bersama Membangun Bangka Belitung (Gule Kabung), guna mempercepat pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) masyarakat.

Program Gule Kabung ini ada lima agenda  di dalamnya. Pertama, percepatan penurunan angka stunting dan malnutrisi pada anak merupakan salah satu dampak dari pernikahan dini ini.

Kedua, pengentasan kemiskinan ekstrem, ketiga pengendalian inflasi serta mendorong iklim usaha yang produktif. Keempat meneruskan program-program strategis yang telah dibentuk dan dijalankan oleh gubernur atau j gubernur sebelumnya dalam upaya menciptakan kesejahteraan masyarakat.

Program Gule Kabung kelima, mengutamakan nilai-nilai akuntabilitas, transparansi, dan kredibilitas dalam rangka mewujudkan good governance dan clean governance, juga sebagai wujud komitmen untuk menegakkan integritas.

"Saya berharap program ini dapat melibatkan seluruh orang dengan hati yang ikhlas dan tulus menjalankannya," ujarnya. 
 

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023