Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulkan berkeyakinan bantuan kapal penangkapan ikan dari Kementerian Sosial RI mampu membantu meningkatkan ekonomi masyarakat nelayan.

"Saya yakin bantuan kapal nelayan yang diserahkan langsung oleh Menteri Sosial RI Tri Rismaharini pada Selasa (4/7) lalu kepada nelayan penerima manfaat mampu membantu meningkatkan ekonomi nelayan," kata Mulkan di Sungailiat, Senin.

Bantuan kapal penangkapan ikan dari Kementerian Sosial RI tercatat sebanyak 15 unit kapal kapasitas lima gros ton dibagikan untuk nelayan di Kecamatan Sungailiat dan di Kecamatan Belinyu.

Baca juga: Nelayan Bangka berharap kapal ikan dari Kemensos dongkrak penghasilan

Mulkan minta nelayan penerima manfaat bantuan kapal ikan itu, hendaknya dapat dipergunakan semaksimal mungkin dan dilarang dijual ke pihak lain dengan alasan apapun.

Sektor perikanan kelautan menjadi salah sektor yang diunggulkan di Kabupaten Bangka karena sektor ini memiliki potensi sumber daya perikanan yang berkelanjutan.

"Nelayan akan mendapat pendampingan dari petugas penyuluh lapangan agar mampu mengoptimalkan usaha penangkapan ikan," kata Bupati.

Baca juga: Mensos Risma antar bantuan kapal untuk nelayan Bangka

Sebelumnya Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini saat menyalurkan puluhan kapal penangkapan ikan di Sungailiat, mengatakan kapal bantuan untuk nelayan tersebut dilengkapi teknologi yang canggih seperti  fasilitas teknologi Global Positioning System (GPS) serta peralatan yang lain.

Bahkan kata dia, pihaknya tengah memesan alat teknologi untuk mengundang ikan yang saat ini dikembangkan oleh mahasiswa perguruan tinggi telekomunikasi.

"Setelah alat mengundang itu nantinya selesai, akan kembali diberikan untuk nelayan yang memperoleh bantuan kapal penangkapan ikan," ujarnya.

Baca juga: Anggota DPR apresiasi Kemensos salurkan bantuan kapal penangkapan ikan

Pewarta: Kasmono

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023