Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menetapkan perayaan 1 Muharram atau tahun baru hijrah di Kelurahan Kenanga masuk dalam kalender pariwisata.

"Penetapan kalender pariwisata setiap tahun pada awal Muharram di Kelurahan Kenanga sebagai upaya melestarikan seni kebudayaan adat istiadat serta kearifan lokal yang dimiliki kelurahan tersebut," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka, Rismy Wira Madona melalui keterangan yang diterima di Sungailiat, Selasa.

Masyarakat Kelurahan Kenanga menyambut 1 Muharram dengan berbagai kegiatan bernuansa Islam, bahkan menjadi momentum bagi masyarakat setempat dan warga dari Kelurahan lain untuk bersilaturahmi seperti layaknya hari lebaran.

"Kami telah menetapkan jadwal mulai hari ini, Selasa 11 Juli sampai 19 Juli 2023 menggelar berbagai kegiatan festival Kenanga," kata Rismy.

Dalam festival tersebut digelar  lomba Bedambus, lomba Lagu Daerah Bangka, lomba Busana Daerah Bangka Kreasi, lomba Membuat Kue Khas Bangka, lomba Adzan, lomba Tartil atau Murrotal, lomba Tilawah, lomba Tahfidz, lomba Fahmil, dan lomba Mewarnai Kaligrafi. 

Diakhiri dengan perayaan puncak pada tanggal 19 Juli 2023 pukul 08.00 WIB yang akan dibuka langsung oleh Bupati Kabupaten Bangka yaitu HMulkan serta mendatangkan penceramah agama yaitu Ustadz Agus Idwar dilanjutkan dengan kegiatan Ngangung ke masjid serta silahturahmi dari rumah ke rumah di  kelurahan Kenanga.

Melalui festival, pihaknya  mengajak kepada seluruh masyarakat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama-sama meramaikan tradisi lebaran di Kenanga yang sudah menjadi budaya setempat, dalam memperingati tahun baru Islam 1 Muharam 1445 hijriah.

Baca juga: Peringati Muharram, BKMT Merawang gelar lomba keagamaan

Baca juga: Tahun Baru Islam di Pasaman Barat Meriah

Baca juga: MUI: Jadikan 1 Muharam Untuk Kebangkitan Spiritual

Pewarta: Kasmono

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023