Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggiatkan patroli malam hari di sejumlah lokasi rawan guna mencegah kemungkinan terjadinya tindak kriminal.

"Patroli malam hari tidak hanya dilaksanakan oleh para personel Satuan Sabhara, namun kami juga menggelar patroli malam hari untuk menciptakan situasi aman, tertib dan nyaman, serta kelancaran arus lalu lintas," kata Kepala Satlantas Polres Bangka Barat AKP M Hardi di Mentok, Minggu.

Patroli malam hari merupakan kegiatan Kepolisian dalam rangka memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat guna mewujudkan rasa aman.

Polres Bangka Barat juga ingin menciptakan keamanan dan ketertiban sehingga masyarakat bisa terbebas dari rasa khawatir sehingga dapat melakukan segala aktivitas dengan lancar dan produktif.

Baca juga: Cegah kecelakaan lalu lintas, Polres Bangka Barat gelar patroli malam

Para personil Satlantas dalam menjalankan tugas patroli malam hari tidak hanya terpaku pada kelancaran dan keselamatan pengguna jalan raya, namun juga menyasar sejumlah lokasi yang dinilai rawan terjadi tindak kejahatan.

"Para personel melakukan patroli keliling, mendatangi lokasi rawan dan tempat kumpul warga dan tempat-tempat yang rawan kegiatan balap liar dan tempat kumpul anak muda," katanya.

Ia juga memberikan imbauan kepada masyarakat agar pada saat berkendara selalu mematuhi aturan yang berlaku dan menggunakan kendaraan sesuai standar yang ditentukan untuk menjaga keselamatan bersama.

Patroli yang dilaksanakan juga mendatangi langsung warga pengendara untuk memeriksa ketaatan pengendara terhadap aturan lalu lintas, seperti pemakaian helm, penggunaan sabuk pengaman, dan penggunaan perangkat penerangan pada kendaraan bermotor.

Baca juga: Polisi Resor Bangka Barat giatkan patroli malam hari kawal aturan PPKM

"Kami berkomitmen untuk menjaga kamtibcarlantas di wilayah Bangka Barat. Patroli rutin seperti ini adalah upaya kami dalam memastikan bahwa masyarakat patuh terhadap aturan lalu lintas demi keselamatan bersama," katanya.

Dalam patroli tersebut, petugas juga memberikan sosialisasi dan imbauan kepada pengendara yang kedapatan melanggar aturan. Mereka memberikan penjelasan tentang pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas dan risiko yang dapat ditimbulkan akibat pelanggaran tersebut.

Selain itu, mereka juga mengingatkan para pengendara untuk selalu menjaga kecepatan yang sesuai dengan batas yang ditentukan guna menghindari kecelakaan.

"Kami mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga kamtibcarlantas dengan tetap mematuhi aturan yang berlaku," katanya.

Baca juga: Polres Bangka Barat giatkan patroli malam cegah peredaran narkoba

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023