Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Suganda Pandapotan Pasaribu menggalakan event nasional dan internasional guna mendorong pertumbuhan serta perkembangan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Babel.

"Kita galakkan lagi event-event besar yang membawa dan mendatangkan tamu ke Bangka Belitung ini, agar UMKM terus tumbuh dan berkembang," kata Suganda Pandapotan Pasaribu di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan berdasarkan situs PBB, UMKM menyumbang 90 persen bisnis, 60 hingga 70 persen lapangan kerja dan 50 persen produk domestik bruto (PDB) di seluruh dunia. Selain itu, UMKM juga berkontribusi mempertahankan mata pencaharian, khususnya di kalangan miskin, perempuan, pemuda, dan kelompok dalam situasi rentan.

"UMKM ini sebagai tulang punggung kedaulatan ekonomi yang memiliki kontribusi terhadap perekonomian lokal dan nasional. Maka penting sekali untuk kita bersama-sama untuk mewujudkan UMKM yang lebih maju lagi," ujarnya.

Ia mencontohkan perputaran uang selama kegiatan Rakornas Bapemperda di Kota Pangkalpinang beberapa waktu lalu mencapai Rp25 miliar dan disumbang dari UMKM dan pariwisata.

"Kami akan terus melakukan program pemberdayaan dan pengembangan UMKM ini, guna mendorong UMKM yang potensial untuk scalling Up, agar mampu masuk ke dalam ekosistem digital," katanya.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Kepulauan Babel Yulizar Adnan mendukung penggalakkan event nasional dan internasional untuk mendorong kemajuan UMKM.

"Dalam mengembangkan UMKM ini memang diperlukan event-event besar, agar UMKM ini terus tumbuh dan berkembang," katanya. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023