Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memastikan stok cabai dan bawang mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, karena pasokan dari luar daerah berjalan lancar.

"Saat ini stok cabai merah besar mencapai 1,5 ton dan mencukupi untuk memenuhi konsumsi masyarakat," kata Kepala Disperindag Provinsi Kepulauan Babel Tarmin AB di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan saat ini stok cabai rawit di distributor sayur mayur di Kepulauan Babel mencapai 0,9 ton, bawang merah 36 ton dan bawang putih 22 ton, sehingga berdampak terhadap harga komoditas cabai dan bawang yang masih stabil.

Harga cabai merah besar masih bertahan Rp38.000 per kilogram, cabai rawit merah Rp40.000 per kilogram dan cabai rawit hijau bertahan Rp50.000 per kilogram.

Baca juga: Babel tambah pasokan 32,5 ton telur ayam

Sementara itu, harga bawang putih honan bertahan normal Rp40.000 per kilogram, bawang merah Rp30.000 per kilogram.

"Dalam minggu ini, para distributor juga akan menambah pasokan, guna memperkuat stok cabai dan bawang ini," katanya.

Menurut dia penambahan pasokan ini sangat penting, mengingat tingkat ketergantungan pasokan dari luar daerah ini yang tinggi.

"Hingga saat ini, kita masih mengandalkan pasokan cabai dan bawang dari luar daerah, karena produksi petani lokal yang belum memadai untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang cukup tinggi," katanya.

Baca juga: Bangka Belitung tambah pasokan beras 1.819 ton

Pewarta: Aprionis

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023