Selalu ada jalan untuk dia yang ingin berusaha. Itulah kutipan motto yang selalu menjadi pegangan dalam perjalanan karir Briptu Alisia Dwi Kartini S.Kom. Ia merupakan salah satu Polwan Polda Bangka Belitung yang terpilih dan mengemban tugas dalam misi perdamaian di Benua Afrika pada Tahun 2022.

Polwan kelahiran Pangkalpinang, 21 April 1996 ini, sejak 10 bulan yang lalu sudah menjalani misi perdamaian Internasional yang tergabung dalam pasukan FPU MINUSCA 4 Republik Afrika Tengah. "Alhamdulillah, saat ini sudah masuk bulan ke 10 sejak kami diberangkatkan pada tanggal 18 September 2022 yang lalu," kata Alisia saat dihubungi Tim Humas Polda Babel, Kamis (20/7).

Istri dari Ipda Riki Abprizon, S.H mengungkapkan rasa kebanggaan karena terpilih menjadi pasukan perdamaian dunia PBB bersama dengan 140 Personel Polri dari seluruh Indonesia. "Ini jadi kebanggaan bagi saya sendiri, karena untuk perwakilan Polda Babel dari 4 Personel, saya sendiri Polwannya. Ini menjadi tahun kedua bagi Polwan Polda Babel, setelah sebelumnya ada senior Polwan saya yang juga tergabung dalam misi perdamaian ini,"ungkapnya.

Dalam misi perdamaian tersebut, berbagai kegiatan telah dilakukan oleh dirinya bersama dengan Tim Pasukan lainnya. Mulai dari kegiatan AOR (Patroli), QRF hingga melakukan Pengawalan VVIP.

"Banyak yang kita lakukan disini dan jadi pengalaman yang berkesan seperti halnya berbagi Air Bersih kepada Masyarakat Afrika Tengah dan bermain Sepak Bola bersama Atlit Sepak Bola Wanita Afrika Tengah."terang alumni SMA Negeri 2 Pangkalpinang ini.

Mengenai tantangan tugas, menurut Briptu Alisia, komunikasi menjadi salah satu kendala pada saat ia menjalankan misi dan bertemu dengan warga sekitar mengingat tidak semuanya bisa menggunakan bahasa prancis atau inggris.

Selain itu, ia juga harus bertahan dengan kondisi cuaca yang tidak menentu di Afrika Tengah.

"Jadi pada awal kedatangan, sempat ada kendala lah seperti berkomunikasi mengingat mereka lebih menggunakan bahasa daerah serta keadaan cuaca yang tak tentu, apalagi Afrika Tengah inikan endemie Malaria. Jadi, kita harus mampu beradaptasi. Alhamdulillah, sejauh ini kita bisa,"ungkap Briptu Alisia.
Briptu Alisia Dwi Kartini S.Kom saat menjalankan tugas sebagai dalam pasukan FPU MINUSCA 4 Republik Afrika Tengah, menajalankan misi perdamaian. (ANTARA/HO-Humas Polda Babel)


Saat disinggung motivasinya menjadi pasukan perdamaian, lulusan Polri 2016 ini mengatakan bahwa ini adalah salah satu mimpinya. Menurut Polwan Angkatan 440 ini, ia ingin mencari pengalaman berdinas di misi Internasional serta lebih mengetahui dan mengerti budaya di Negara Lain.

"Tentunya dapat menambah wawasan saya. Dengan ini juga saya mempunyai Patnership diluar negeri untuk bertukar informasi. Tak sampai disitu juga, kita turut melakukan kerja sama dengan Polisi Lokal di Afrika Tengah serta FPU Negara lain seperti Portugal, Egyp, Bangladaise, Senegal, Rwanda, Bhutan, Kamboja, Nepal dan lain-lain, " katanya.

Bagi Briptu Alisia, menjalankan misi perdamaian di Afrika Tengah menjadi pengalaman yang tidak terlupakan bagi dirinya. Terlebih, misi perdamaian di Afrika Tengah menurutnya merupakan sepenuhnya misi kemanusiaan.

Ia juga menyampaikan terimakasih kepada Pimpinan Kepolisian yang telah mempercayai dirinya untuk menjadi salah satu Tim Pasukan Perdamaian Dunia di Afrika Tengah.

"Saya berterimakasih kepada pimpinan Polri baik di Pusat maupun di Polda Babel yang telah mendukung dan mempercayai saya untuk tergabung dalam misi ini. Selain itu, pengalaman yang saya berikan ini bisa menjadi motivasi bagi personel Polri lainnya yang ada di seluruh Indonesia," kata Briptu Alisia.
Briptu Alisia Dwi Kartini S.Kom saat menjalankan tugas sebagai dalam pasukan FPU MINUSCA 4 Republik Afrika Tengah, menajalankan misi perdamaian. (ANTARA/HO-Humas Polda Babel)


Profil :
Nama :  Alisia Dwi Kartini S.Kom
Tempat Tanggal Lahir : Pangkalpinang, 21 April 1996
Alamat : Jl.Solihin Gp, GG. Jeruk RT/RW 006/002 Kel. Asam Kec. Rangkui Pangkalpinang

Lulusan Polri Tahun 2016
Angkatan : 440/FTN
Kesatuan : Polres Pangkalpinang

Prestasi :
-  Penghargaan Rekor Dunia Indonesia Atas  Rekor Tim Polisi Wanita Republik Indonesia Pertama Yang berhasil Mencapai Puncak Cartensz Papua 4884 Mdpl Memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-77 Tahun 2017
- Penghargaan PIN Emas Kapolri Tahun 2017
- Penghargaan PIN Emas Presiden Tahun 2017
- Juara 2 POPNAS Xl PekanBaru Riau Atletik Jalan Cepat tahun 2011

Roy Riadi *) merupakan personel Bidang Humas Polda Bangka Belitung

Pewarta: Roy Riadi *)

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023