Muntok (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dan Institut Pertanian Bogor menjalin kerja sama mengatasi penyakit tanaman lada di daerah ini.

"Penyakit tanaman lada berupa penyakit kuning menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti petani dan hingga saat ini belum ada formula tepat untuk mengatasi penyakit tersebut," kata Wakil Bupati Bangka Barat Markus di Muntok, Rabu.

Melalui kerja sama yang sudah dibicarakan antara pemkab dengan IPB sehingga diharapkan ke depan akan ada solusi tepat bagi petani untuk mengatasi penyakit kuning pada tanaman lada.

"Ke depan akan ada beberapa peniliti IPB yang datang ke Bangka Barat melakukan penelitian penyakit kuning dan mencari solusi agar tanaman lada bisa terbebas dari penyakit kuning atau formula manjur untuk mengobati tanaman yang sudah terlanjur terserang penyakit mematikan tersebut," kata dia.

Adanya kerja sama antara pemkab dengan IPB merupakan salah satu bentuk keseriusan pemerintah dalam membantu petani lada yang selama ini belum mendapatkan solusi tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

Antisipasi agar bisa terhindar dari penyakit tersebut cukup dibutuhkan, jika sudah terlanjur terserang dia mengharapkan agar tanaman bisa diobati sehingga tidak merugikan petani.

"Modal awal untuk berkebun lada sudah cukup besar, kami berharap dengan adanya kerja sama ini akan membantu petani agar tidak merugi dan tetap menggeluti usaha tersebut," kata dia.

Lada merupakan salah satu prioritas pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan perekonomian masyarakat Bangka Barat.

"kerja sama dengan salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia tersebut juga merupakan upaya pemerintah dalam mengembalikan kejayaan 'muntok white pepper'," kata dia.  

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016