Kabupaten Belitung Timur mengirim 309 atlet untuk berlaga dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Kepulauan Bangka Belitung yang dihelat di Kabupaten Bangka Barat pada 22 Agustus 2023.

"Sebanyak 309 atlet itu mengikuti 21 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan dalam helatan olahraga tingkat provinsi itu," kata Bupati Belitung Timur Burhanuddin di Manggar, Selasa.

Namun Burhanuddin tidak memberikan target kepada para patriot olahraga asal Negeri Laskar Pelangi itu, namun dia berharap para atlet bisa menjunjung tinggi sportifitas.

"Jaga nama baik daerah, bertanding dengan sungguh-sungguh sebagaimana layaknya seorang patriot olahraga sejati," pesannya.

Baca juga: Bangka Barat matangkan persiapan Kirab Obor Porprov Babel VI

Saat rapat evaluasi, Aan sapaan akrab Bupati Belitung Timur ini berpesan tiga hal kepada seluruh kontingen yaitu manfaatkan waktu dengan efisien, panitia fasilitasi seluruh kebutuhan atlet dan atlet fokus bertanding.

"Kendati ini ajang olahraga provinsi, tetapi tidak menutup kemungkinan dimulai dari sini untuk bisa berkiprah di tingkat nasional," ujarnya.

Ketua Kontingen Porprov VI Kabupaten Belitung Timur Khairil Anwar menyatakan persiapan atlet sudah 95 persen.

"Jadi intinya untuk persiapan keberangkatan kita sudah tidak ada masalah, 95 persen keberangkatan sudah siap,” kata Khairil.

Persiapan sejak awal ini menurut Khairil sangat penting, mengingat beberapa kontingen berbeda-beda jadwal keberangkatannya. Bahkan ada yang dari jauh-jauh hari sebelum upacara pembukaan harus berangkat.

Baca juga: PTMSI Belitung target sapu bersih medali emas Porprov Babel 2023

"Tanggal 2 Agustus atlet ada yang sudah harus berangkat, kemudian 11, 14 dan 16 Agustus 2023. Sementara yang lainnya menyusul pada 23 Agustud setelah pembukaan,” ujar Khairil.

Panitia Kontingen, kata Khairil juga sudah ikut berangkat untuk mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan atlet dan pelatih mulai dari peralatan, akomodasi hingga transportasi.

"Panitia besar sebagian sudah berangkat ke Bangka Barat untuk memenuhi kebutuhan cabor kita baik untuk tempat tinggal, makanan, persiapan kamar mandi yang kurang dan lain sebagainya,” jelas Khairil.

Khairil mengatakan bahwa KONI dan Pengkab Cabor juga akan ikut membantu persiapan seluruh proses keberangkatan dan kebutuhan atlet saat di Bangka Barat.   

"Untuk atlet jangan mikir yang lain-lain. Cukup bagaimana kita meningkatkan prestasi dan menjadi juara,” harap Khairil.

Baca juga: KONI Bangka ikutkan 300 atlet pada Porpov 2023

Pewarta: Ahmadi

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023