Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, bersama Kejaksaan Negeri setempat melakukan kerja sama sistem informasi manajemen terpadu untuk memudahkan pemantauan pengawasan dan administrasi terhadap para tahanan yang ada di daerah itu.

"Perjanjian kerja sama pemanfaatan aplikasi sistem informasi manajemen tahanan (SI-Mata) bersama Kejaksaan Negeri Bangka Barat ini merupakan salah satu bukti upaya kita bersama dalam meningkatkan kinerja kita agar bisa memberikan pelayanan prima kepada masyarakat," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Ade Zamrah di Mentok, Kamis.

Menurut dia, kolaborasi yang erat antara kepolisian, Kejaksaan dan instansi terkait lainnya dalam pemanfaatan aplikasi SI-Mata ini penting dilakukan untuk memudahkan setia pejabat yang berwenang mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan terkait para tahanan.

Aplikasi ini dirancang untuk mempermudah pemantauan, pengawasan dan administrasi para tahanan yang ada di lingkungan Kejaksaan Negeri Bangka Barat.

Baca juga: Empat polisi dipidana atas kematian tahanan

Aplikasi ini akan memungkinkan petugas Kepolisian dan Kejaksaan saling berbagi informasi terkait status penahanan, jadwal persidangan, dan kebutuhan khusus lainnya dengan lebih cepat dan akurat.

"Ini langkah nyata dalam memperkuat kerja sama antara Polres dan Kejaksaan, kami berharap melalui perjanjian kerja sama ini akan menjadi lebih terkoordinasi, efisien, dan efektif," katanya.

Melalui kerja sama tersebut diyakini akan dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan pelayanan hukum, menjaga keamanan dan menegakkan keadilan di wilayah Bangka Barat.

Baca juga: Pemkab Bangka Tengah anggarkan Rp1 miliar untuk pembangunan ruang tahanan wanita

Baca juga: Polisi berhasil tangkap lima dari tujuh tahanan Polsek Jatiasih yang kabur

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023