Wakil Bupati Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Isyak Meirobie mengajak mahasiswa Muhammadiyah asal wilayah itu ikut mendukung pembangunan sektor pariwisata.

Hal itu disampaikan di Tanjungpandan, Jumat saat menyambut peserta Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah Aisyiyah (KKN MAS) 2023.

Dia berharap peserta KKN MAS 2023 dapat membantu dan pendukung pemerintah dalam mengembangkan sektor pariwisata sehingga nantinya lebih banyak dikunjungi wisatawan dalam dan luar negeri.

Rektor Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Fadillah Sabri di Tanjung Pandan, Jumat mengatakan sebanyak 84 mahasiswa mengikuti kegiatan KKN MAS di Belitung dan 72 mahasiswa lainnya di Belitung Timur.

"Insya Allah pelaksanaan KKN MAS 2023 akan dimulai pada hari ini meskipun ada mahasiswa yang sudah berada sejak tiga hari lalu di Belitung," katanya.

Ia menjelaskan, sebanyak 84 mahasiswa KKN MAS 2023 di Belitung akan ditempatkan di empat desa Kecamatan Membalong yakni Desa Bantan, Gunung Riting, Mentigi, dan Simpang Rusa.

Para mahasiswa lainnya akan ditempatkan di Kecamatan Selat Nasik meliputi Desa Petaling, Suak Gual, dan Selat Nasik.

Sedangkan di Belitung Timur mahasiswa akan mengikuti KKN MAS 2023 di sebanyak enam desa yakni Desa Gantung, Lenggang, Lalang, Mekar Jaya, Suka Mandi, dan Burung Mandi.

Ia menambahkan, pelaksanaan KKN MAS 2023 mengusung tema pendidikan, ekonomi, dan pariwisata.

"Jadi di samping mereka memberikan pelajaran, pendidikan, namun mereka juga menguatkan ekonomi masyarakat, mengembangkan dan membangkitkan kembali pariwisata selepas pandemi COVID-19," katanya.

Selain itu, lanjut dia, KKN MAS 2023 juga mengangkat tema yang berkaitan dengan kelestarian lingkungan hidup.

"Jangan sampai pembangunan ekonomi berdampak buruk kepada lingkungan, maka dari itu green economy wajib untuk kita amalkan," ujarnya.

Ia berharap, masyarakat di lokasi pelaksanaan KKN MAS 2023 dapat menerima kehadiran para mahasiswa.

"Saya berharap kepada masyarakat mohon diterima kedatangan mahasiswa kami dan anggaplah mereka ini anak-anak dari masyarakat, jangan sungkan-sungkan untuk menyuruh, memerintah mereka karena mereka ini adalah pengabdian, pengabdian itu ketulusan hati," katanya.

Selain itu, ia juga berpesan kepada mahasiswa agar dapat menjaga marwah dan akhlak yang baik selama berlangsungnya pelaksanaan KKN MAS 2023.




 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023