Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memastikan stok telur ayam ras mencukupi, karena pasokan dari luar daerah berjalan lancar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah itu.

"Saat ini stok telur ayam ras mencapai 41,1 ton dan cukup hingga akhir Agustus tahun ini," kata Kepala Disperindag Provinsi Kepulauan Babel Tarmin AB di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengatakan sebanyak 41,1 ton stok telur ayam ras tersebut terdapat di empat gudang distributor, yaitu H Neneng 6 ton, Achan 24 ton, Akiun 11 ton dan Hypermart 0,62 ton.

"Dalam minggu ini akan ada penambahan pasokan telur ayam ras ini, guna memperkuat stok di gudang distributor komoditas ini," katanya.

Baca juga: Babel tambah pasokan 32,5 ton telur ayam

Ia menyatakan ketersediaan telur ayam yang cukup ini tentunya mempengaruhi harga yang masih relatif stabil, seperti harga telur ayam ras masih bertahan Rp34.000 per kilogram dan telur ayam kampung Rp60.000 per kilogram.

"Harga telur ayam kampung ini memang cukup tinggi, karena ketersediaan telur ayam dari peternak lokal yang kurang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," katanya.

Menurut dia saat ini permintaan telur ayam ras masyarakat cukup tinggi untuk kebutuhan pangan rumah tangga dan usaha kecil menengah sektor kuliner.

"Kami terus mendorong pelaku usaha telur ayam ras ini terus meningkatkan pasokan, agar tidak terjadi kelangkaan yang akan berdampak melambungnya harga telur yang akan memberatkan ekonomi masyarakat kurang mampu," katanya.

Baca juga: Dirikan 3.507 butir telur, festival Pasir Padi jilid 3 Pangkalpinang pecahkan rekor MURI

Pewarta: Aprionis

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023