Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadikan Festival Bahari 2023 sebagai daya tarik wisatawan.

"Kita kemas kegiatan ini lebih menarik dan unik sehingga mampu menjadi daya tarik wisatawan," kata Bupati Belitung Timur saat menutup kegiatan festival bahari 2023 di Manggar, Minggu.

Bupati menjelaskan, festival bahari merupakan kegiatan yang digelar di pinggir pantai sebagai bentuk daerah kepulauan dengan objek wisata pantai yang sangat menarik dan eksotik.

"Festival bahari tahun ini diisi dengan berbagai kegiatan perlombaan yang menarik minat masyarakat di antaranya adalah lomba pembuatan perahu kater," ujarnya.

Burhanuddin mengatakan bahwa festival bahari juga untuk menggeliatkan ekonomi masyarakat terutama para pelaku ekonomi kreatif.

"Kegiatan yang digelar dalam beberapa hari ini menjadi momentum bagi pelaku UMKM untuk memasarkan produk unggulan mereka," ujarnya.

Festival bahari juga diisi dengan kegiatan dialog kebangsaan sebagai tujuan kampanye antinarkoba dan sekaligus kampanye antinarkoba.

"Saya memberikan apresiasi kepada pelaksana kegiatan ini, tergolong sukses namun tahun saya harap dikemas lebih menarik lagi," ujarnya.

Ketua Pokdarwis Serdang Berantai Toto Iswanto mengatakan dalam lomba balap kater ini para nelayan sangat antusias mengikuti lomba menggunakan perahu kater tanpa mesin.

“Walaupun biaya pembuatan layar mahal tapi nelayan sangat antusias ikut lomba karena ini ajang bergengsi sebagai uji kemampuan para nelayan menjalankan kater dengan mengandalkan energi angin yang alami," ujarnya.

Toto berharap festival bahari digelar secara rutin setiap tahun karena dapat memajukan pariwisata daerah.

"Pokdarwis tetap berada di garda terdepan dalam memajukan sektor kepariwisataan Belitung Timur," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023