PT Pelindo II (Persero) menetapkan Pelabuhan Pangkalbalam di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai pelabuhan "zero accident" untuk meningkatkan produktivitas dan perekonomian masyarakat di daerah itu.

"Pada 1 September 2023 seluruh insan pelabuhan wajib menggunakan alat pelindung diri K3, untuk mewujudkan Pelabuhan Pangkalbalam "Zero Accident" ini," kata Division Head Komersial PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional II Budi Prasetio saat kegiatan sosialisasi dan implementasi K3 di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan kegiatan sosialisasi dan implementasi K3 di Pelabuhan Pangkalbalam ini, sebagai tahap awal untuk menjadikan Pelabuhan Pangkalbalam sebagai pelabuhan zero accident, sehingga pelabuhan ini menjadi aman, tingkat keselamatan bekerja baik, efisien dan produktivitas pelabuhan semakin meningkat untuk mendorong perekonomian masyarakat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Untuk mewujudkan pelabuhan zero accident ini tentunya perlu sinergi semua pihak. Tidak hanya Pelindo tetapi semua pihak seperti tenaga kerja bongkar muat dan instansi terkait lainnya untuk merealisasikan zero accident ini," katanya.

Ia optimistis zero accident ini dapat terwujud, jika ada sinergi dan komitmen semua insan pelabuhan dalam menerapkan K3, standardisasi peralatan, fasilitas pendukung lainnya di pelabuhan ini.

"Tidak hanya Pelabuhan Pangkalbalam ini yang kami jadikan sebagai zero accident tetapi juga pelabuhan lainnya di Provinsi Kepulauan Babel seperti Pelabuhan Tanjungpandan Belitung, Pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu dan lainnya," katanya.

Menurut dia saat ini peralatan dan fasilitas di Pelabuhan Pangkalbalam semakin baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Kondisi Pelabuhan Pangkalbalam sekarang sudah tertata rapi, bersih dan ini akan terus tingkatkan lagi agar menjadi lebih baik lagi," katanya.

Selain itu, sinergi antarinstansi, kepolisian, tenaga kerja bongkar muat di pelabuhan sudah cukup baik, namun harus ditingkatkan lagi agar Pangkalbalam ini menjadi pelabuhan zero accident. 
 

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023