Komisi Pemilihan Umum(KPU) Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar diskusi terarah atau fokus discussion group (FDG) dengan tema "cerdas memilih berita seputar pemilu".

"FDG ini khusus kita gelar dengan peserta dari kalangan wartawan karena peran pers sangat membantu dalam menyukseskan Pemilu 2024," kata Ketua KPU Bangka Selatan Muhidin di Toboali, Kamis.

Ia mengatakan, FDG tersebut digelar untuk mendengarkan pendapat dan saran dari para jurnalis terkait dengan pemberitaan tentang kepemiluan yang bisa meningkatkan partisipasi pemilih.

"Kami tentu saja terus menggandeng pers dalam menyukseskan pesta demokrasi pada 2024, pers menjadi mitra utama kami dalam bekerja," ujarnya.

Ia berharap para jurnalis masuk dalam bagian terpenting dalam menyukseskan penyelenggaraan pemilu 2024 dan partisipasi pemilih terus meningkat.

"Kita berharap kawan-kawan jurnalis melalui penyajian informasi, mampu memberikan pencerahan terkait kepemiluan," ujarnya.

Yanto, peserta diskusi menyarankan pihak KPU ke depan mengangkat tema diskusi tidak mengarah pembahasan karya jurnalistik yang dihasilkan wartawan.

"Tema yang diangkat cerdas dalam memilih berita terkait pemilu, itu terkesan ada berita yang kita sajikan tidak mencerdaskan pembaca," ujarnya.

Ia mengatakan, selama ini proses pemilu di Bangka Selatan berjalan dengan baik dan lancar serta tidak ada berita yang tidak cerdas disiarkan wartawan.

"Saya sarankan pemilihan tema diskusi itu harus selaras dengan kondisi dan keadaan suatu daerah sehingga layak untuk didiskusikan," ujarnya.

Pewarta: Juniardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023