Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar bazar ikan agar warga memperoleh ikan segar dan harga murah.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bangka, Arman di Sungailiat, Jumat mengatakan, bazar ikan segar sebagai upaya membantu masyarakat mendapatkan ikan segar dengan harga relatif lebih murah.

"Bazar ikan segar juga sebagai cara mendorong masyarakat gemar konsumsi ikan untuk menciptakan masyarakat sehat," kata dia.

Untuk ikan jenis Kerang Dara dijual Rp25 ribu per kilogram, Ikan Ciu dan Laisi dijual rata-rata seharga Rp20 ribu per kilogram, ikan Kacang-kacang dan Cumi-cumi hanya Rp45 ribu per kilogram.

Masyarakat selain dapat membeli ikan laut hasil tangkapan nelayan dengan kondisi bagus, juga dapat membeli ikan air tawar seperti ikan Patin dan Nila yang sudah siap dibersihkan.

"Ikan laut dipasok dari kelompok usaha bersama di bawah binaan Dinas Perikanan, sedangkan ikan air tawar diperoleh dari kelompok pemudi daya ikan air tawar yang tersebar di sejumlah wilayah kecamatan," kata dia.

Kegiatan serupa sudah dilakukan pada bulan sebelumnya dan direncanakan akan kembali di buka bazar ikan di bulan berikutnya.

Kata Arman, dilihat dari jumlah kunjungan di bazar ikan segar antusias masyarakat cukup besar berasal dari sejumlah tempat di Kabupaten Bangka.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023