Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendorong agar Mentok, ibu kota kabupaten tersebut, menjadi pusat perdagangan agar kesejahteraan masyarakat dan daerah semakin meningkat.

"Realisasi target ini penting untuk terus didukung karena Mentok memiliki potensi sumber daya alam dan fasilitas pendukung luar biasa untuk menuju ke arah itu," kata Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming di Mentok, Senin.

Menurut dia, upaya Pemkab Bangka Barat menjadikan Mentok menjadi kota perdagangan merupakan salah satu bentuk keseriusan pemerintah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat dan daerah.

"Kota perdagangan ini nantinya akan disandingkan dengan pengembangan pada sektor pariwisata sejarah dan budaya karena Mentok memang menjadi destinasi wisata di sektor tersebut dan memang terbukti Mentok memiliki banyak bangunan bersejarah bahkan sejauh ini sudah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya, baik peringkat daerah maupun peringkat nasional," katanya.

Menjadikan Mentok sebagai kota perdagangan juga sudah masuk dalam 18 visi misi Pemkab Bangka Barat di bawah kepemimpinan Bupati Sukirman dan Wakil Bupati Bong Ming Ming.

Berdasarkan potensi sumber daya alam dan fasilitas pendukung untuk mewujudkan Mentok sebagai kota perdagangan, saat ini di Mentok telah terdapat dua buah pelabuhan.

Pelabuhan Tanjungkalian sebagai pelabuhan penyeberangan yang menghubungkan Pulau Bangka dengan Sumatera dan Pelabuhan Tanjungular yang diproyeksikan sebagai pelabuhan pendukung kawasan industri.

"Sekarang tinggal bagaimana menyambungkan antara dua pelabuhan tersebut agar terkoneksi dengan baik dan pertumbuhan kawasan industri di sekitar Pelabuhan Tanjungular bisa berkembang sesuai harapan bersama," katanya.

Dengan pengelolaan yang baik diharapkan dua pelabuhan itu bisa saling bersinergi dan dukungan sektor pariwisata akan menambah jumlah orang yang datang ke Bangka Barat.

Ketua DPRD Kabupaten Bangka Barat mendukung berbagai upaya yang dilakukan pemerintah daerah setempat dan berharap masyarakat juga ikut berperan aktif dalam mengisi setiap gerak pembangunan.

"Kami mengajak masyarakat untuk terus ikut menjaga dan berbenah demi kemajuan daerah agar bisa lebih baik lagi di masa yang akan datang," katanya.

Menurut dia, perkembangan pembangunan daerah, khususnya di Kota Mentok, dari waktu ke waktu terus mengalami kemajuan dan ke depan diharapkan akan semakin maju dengan berbagai potensi yang dimiliki.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023