Universitas Bangka Belitung (UBB) fokus mengembangkan sektor pertanian dan perkebunan dalam rangka memperkuat ketahanan pangan di Provinsi Kepulauan Banhka Belitung (Babel).

"Ini bagian kita berkontribusi untuk daerah dalam memperkuat ketahanan pangan kita," kata Rektor Universitas Bangka Belitung, Prosesor Ibrahim, di Pangkalpinang, Selasa.

Prof Ibrahim mengatakan ketahanan pangan di Babel cukup rendah dan sangat rentan sehingga Babel butuh SDM yang mumpuni di bidang pertanian khususnya karena salah satu yang menjadi fokus dan konsen UBB adalah mengembangkan sektor pertanian dan perkebunan untuk memperkuat ketahanan pangan di daerah

Dalam mendorong hal tersebut, UBB juga membuka kesempatan untuk lulusan S1 bidang pertanian agar terus mengasah bakat dan kemampuannya mendapatkan ilmu pertanian.

"Memang babel ini ketahanan pangan nya cukup rendah atau rentan sehingga kita butuh SDM yang mumpuni. Tanpa ada pertanian, makanan dan kehidupan tidak akan berlangsung atau no farm, no food, no life," ujarnya.

Ibrahim menambahkan dalam 2 angkatan ini sekarang jumlah mahasiswa magister pertanian di UBB ada 30 orang yang mendaftar. Sedangkan mahasiswa S1 Pertanian ada 490 lebih mahasiswa prodi agri bisnis dan agri tehnologi.

"Kami tetap menunggu dan membuka ruang untuk teman-teman agar bisa mengambil kuliah S2 pertanian di UBB,"  tutupnya

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023