Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), menggalakkan pemberian dosis vaksin rabies terhadap hewan peliharaan untuk mencegah penyebaran virus yang membahayakan kesehatan manusia itu.

"Saat ini kita menyiapkan 78 kuota vaksin rabies bagi hewan peliharaan seperti anjing, kucing, dan kera," kata Kepala Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan Bangka Selatan, Risvandika, di Toboali, Selasa.

Ia mengimbau dan mengajak warga yang memelihara hewan kesayangan untuk membawa langsung ke posko vaksinasi hewan yang sudah dibuka di Balai Wisata Simpang Lima Toboali.

"Untuk informasi lebih lanjut dan melakukan pendaftaran vaksin ini dapat menghubungi Audina dengan nomor telepon 0877 1105 2152 dan Sintia 0822 5823 7842," ujarnya.

Ia berharap masyarakat segera memanfaatkan fasilitas ini, karena selain gratis, juga untuk menjaga kesehatan hewan kesayangan mereka.

"Mari segera daftarkan hewan kesayangan kita pada kesempatan terbuka yang kita laksanakan ini agar hewan kita terbebas dari rabies," imbau Risvandika.

Menurut dia, rabies biasanya menyebar melalui gigitan hewan dan binatang yang paling mungkin menyebarkan rabies, antara lain anjing, kelelawar, anjing hutan, rubah, sigung, dan rakun.

Persyaratan hewan yang dinyatakan layak divaksin rabies, kata dia, yaitu hewan yang sehat, umur minimal 3 bulan, berat minimal 1 kilogram, dan tidak sedang bunting.

"Kegiatan ini kami lakukan untuk mencegah penularan virus rabies yang bisa membahayakan bagi kesehatan manusia," ujar Risvandika.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023