Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mendistribusikan logistik untuk keperluan pemungutan suara Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2023 di sembilan desa yang dilaksanakan, Kamis (21/9).

"Hari ini, kami sudah mulai mendistribusikan logistik untuk keperluan pilkades dengan pengawalan ketat dari personel pengaman dari kepolisian resor Bangka dan personel Satpol PP," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bangka M Dalyan Amrie di Sungailiat, Rabu.

Logistik pilkades yang mulai dikirim ke masing - masing desa yang menyelenggarakan pilkades berupa kotak suara, bilik suara, tinta, stiker, termasuk surat suara sebanyak 18.953 ditambah 10 persen suara cadangan.

Pilkades serentak di sembilan desa di Kabupaten Bangka mendirikan 52 tempat pemungutan suara (TPS), masing - masing di Desa Air Buluh, Penagan, Kota Kapur, Zed, Labuh Air Pandan, Desa Dwi Makmur, Balun Ijuk, Desa Cit dan Desa Neknang di Kecamatan Bakam.

Baca juga: Bupati Bangka: Tetap jaga persatuan walau beda pilihan di pilkades

"Saya berharap Panitia Pemilihan Tingkat Desa ( PPDes) berkoordinasi dengan pihak Polsek dan Koramil setempat untuk pengamanan logistik bila sampai ke desa dan meneliti semua logistik yang diberikan sesuai berita acara serah terima sebelum diberikan ke KPPS atau Panitia Pemilihan Dusun (PPDus)," kata dia.

Untuk menjamin keamanan, pengamanan logistik tidak hanya saat pendistribusian melainkan pula dilakukan penjagaan saat disimpang di gudang penyimpanan sampai pelaksanaan pilkades dinyatakan selesai.

"Saya mengingatkan masyarakat di desa yang melaksanakan pilkades agar mendukung dengan menyampaikan hak suara untuk memilih salah satu calon kepala desa guna kepentingan pembangunan desa setempat," kata dia.

Pilkades Serentak 2023 di sembilan desa di Kabupaten Bangka diikuti sebanyak 32 peserta pilkades.

Baca juga: Dinpemdes Bangka tetapkan sembilan desa gelar Pilkades serentak

Pewarta: Kasmono

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023