Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengajak pemilih pemula di daerah itu untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024 mendatang.

"Kami berharap pemilih pemula dapat berperan aktif dalam menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024 nanti," kata Kepala Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Belitung Timur, Asrikhah di Manggar, Belitung Timur, Jumat.

Hal ini disampaikan dalam acara diskusi "Cara Pemilih Pemula Menjaga Demokrasi" yang diselenggarakan oleh KPU Belitung Timur guna mendorong pemilih pemula menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024.

Kegiatan diskusi tersebut diikuti oleh puluhan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Belitung Timur atau para pemilih pemula di daerah itu.

"Sosialisasi ini bertujuan memberikan pemahaman kepada mereka terkait demokrasi, pemilu dan penyelenggara pemilu," ujarnya.

Dikatakan dia, pihaknya juga memberikan materi mengenai jadwal Pemilu 2024 dan Pilkada 2024 serta jenis surat suara yang akan diterima pemilih pada Pemilu 2024.

"Kami juga memberikan pemahaman terhadap syarat-syarat menjadi pemilih pada Pemilu 2024 dan menginformasikan persentase pemilih pemula pada Pemilu 2024," katanya.

Ia menjelaskan, selain itu, para peserta sosialisasi juga diberikan pemahaman tentang cara menggunakan media sosial yang bijak seperti cara menangkal informasi bohong dan ujaran kebencian.

"Kamu juga membuka sesi diskusi tentang harapan dan pandangan pemilih pemula di Pemilu 2024 nanti," ujarnya.

Ia berharap, melalui kegiatan diskusi tersebut para pemilih pemula dapat berpartisipasi dan berperan aktif dalam menggunakan hak pilihnya di Pemilu 2024.

"Alasan pemilih pemula harus berperan aktif dalam menggunakan hak suaranya karena pemilu merupakan sarana perwujudan kedaulatan rakyat," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023