Pangkalpinang (Antara Babel) - Universitas Bangka Belitung (UBB) menerima 951 mahasiswa baru pada tahun 2016.

"Mahasiswa baru diperoleh melalui  tiga jalur penerimaan, yakni  seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN), seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) dan melalui jalur mandiri," ujar Ketua UPT Kerja Sama, Humas dan Penerbitan UBB Eddy Jajang Atmaja di Pangkalpinang, Rabu.

Ia menjelaskan, untuk SNMPTN sudah selesai dilaksanakan dan UBB berhasil merekrut sebanyak 381 calon mahasiswa yang lulus tes.

Sedangkan jalur SBMPTN masih dalam tahap pendaftaran dan baru akan dilaksanakan tes tertulis pada 28 Juni nanti.

"Untuk jumlah penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN sudah ditentukan sebanyak 287 orang dan tes tertulis akan dilaksanakan bulan depan," katanya.

Ia menjelaskan, untuk pendaftaran terakhir adalah jalur mandiri yang akan diadakan pada Juli dan jumlah penerimaan sebanyak 283 orang.


Ia menambahkan, peserta SBMPTN yang sudah mendaftar  bisa memilih lokasi ujian tertulis, baik  dalam bentuk cetak atau "paper based testing" (PBT)  maupun menggunakan komputer atau "computer based testing" (CBT).

"Untuk tes tertulis di wilayah Bangka Belitung, panitia pusat SBMPTN telah menunjuk dua sub panlok,  yaitu  sub panlok 1 Tanjungpandan dan sub panlok 2 Pangkalpinang," katanya.

Ia berharap, penjaringan mahasiswa baru berjalan dengan lancar dan semua alumni SMA dapat bersaing sehat untuk masuk ke UUB.

"Saat mengikuti tes ujian harus mengutamakan kejujuran, kecepatan berfikir dalam mengisi soal-saol ujian," katanya.

Pewarta: Septi Artiana

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016