Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meminta Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3) meningkatkan pengawasan terhadap peredaran pupuk bersubsidi agar tepat sasaran dan distribusinya tepat waktu.

"Kami berharap Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3) dapat melaksanakan tugasnya dengan baik agar petani kita dapat terbantu dan semakin produktif," kata Kepala Biro Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Babel Ahmad Yani di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan jika penerima pupuk subsidi tepat sasaran, para petani akan lebih produktif sehingga ke depan daerah dapat memenuhi sebagian kebutuhan bahan pangan sehingga bisa mengurangi ketergantungan pada pasokan dari daerah lain.

"Apalagi di musim El Nino seperti ini yang dikhawatirkan bisa sampai akhir Desember. Kami harap dengan pengawasan ini kawan-kawan KP3 dapat memenuhi tugas yang tepat sasaran, tepat jumlah, tepat orang dan tepat lainnya," katanya.

Pemprov Babel meminta penyaluran pupuk subsidi tepat sasaran karena hampir 70 persen penduduk Bangka Belitung adalah petani, dan selama penyaluran pupuk subsidi belum tepat sasaran maka ini menjadi pekerjaan berat KP3 karena ke depan bantuan pupuk terbatas seiring kemampuan APBN yang juga memiliki keterbatasan.

KP3 harus terus memastikan bagaimana pupuk sampai ke petani dengan tepat, jangan sampai pupuk subsidi ini diselewengkan atau diperjualbelikan bahkan dipindahtangankan dengan perdagangan antarpulau.

Tindak penyelewengan pupuk seperti itu dikhawatirkan akan berpengaruh terhadap harga pupuk di dalam daerah menjadi naik tidak sesuai dengan harga eceran tertinggi.

"Dari tahun ke tahun, seharusnya bantuan yang diberikan meningkat, tetapi ini harus berdasarkan luas area pertanian dan kekuatan anggaran yang disesuaikan karena yang namanya bantuan subsidi semakin tahun akan lebih sedikit berkurang sehingga petani juga kami harapkan bisa mandiri," ujarnya.

Ahmad Yani menambahkan, berlakunya Peraturan Menteri Keuangan (PMK) tentang dana bagi hasil sawit yang jumlahnya lumayan, jika sawit Babel dihargai tinggi maka DBH yang diterima juga meningkat.

"Peruntukan DBH itu nanti bisa untuk perlindungan bagi para petani sawit kita. Semoga itu bisa dilaksanakan dengan baik," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta/Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023