PT Timah Tbk mengerahkan tim dan dua mobil kebakaran dalam menangani kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Pulau Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

"Kami berkomitmen membantu pemerintah daerah dan masyarakat dalam mengatasi karhutla ini," kata Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk Anggi Siahaan di Pangkalpinang, Kamis.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Babel, kata dia, luas karhutla selama musim kemarau tahun ini sudah mencapai 1.579 hektare yang tersebar di tujuh kabupaten dan kota.

"Hingga saat ini Tim Damkar PT Timah Tbk telah menangani ratusan kejadian kebakaran seperti di Bangka Barat dan Desa Rebo beberapa hari lalu," ujarnya.

Ia menyatakan PT Timah Tbk bersama pemerintah dan masyarakat terlibat aktif untuk berperan dalam mengatasi bencana yang terjadi seperti kebakaran ini.

"PT Timah Tbk bersinergi dengan stakeholder, masyarakat dan relawan untuk bersama-sama membantu menangani kejadian kebakaran ini. Semoga dengan adanya unit pemadam kebakaran timah ini bisa membantu menangani dengan cepat dan tepat peristiwa kebakaran," katanya.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Sat Pol PP Bangka Barat Sidharta Gautama mengatakan pihaknya bersama PT Timah Tbk saat ini sudah memadamkan ratusan titik kebakaran yang disebabkan oleh kelalaian masyarakat.

"Selama ini untuk memadamkan kebakaran hanya mengharapkan dua unit mobil pemadam kebakaran dari PT Timah. PT Timah Tbk juga sangat srespon dan tanggap dalam membantu dalam penanggulangan kebakaran," katanya.

Warga Desa Rebo Fendi bersyukur tim Damkar PT Timah Tbk dengan sigap membantu memadamkan api lahan di desanya.

“Kami tidak bisa bayangkan jika tim damkar PT Timah tidak turun tangan, mungkin kondisinya akan lebih berbahaya lagi. Terima kasih PT Timah yang sudah membantu kami,” ujarnya. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023